PENGARUH EARNINGS PER SHARE (EPS), ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi Pada Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011)

Irda Suryani

Informasi Dasar

13.04.262
332.632 22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference
 Kinerja keuangan merupakan alat pengukur tingkat keberhasilan manajemen dalam mengelola sumber daya keuangan yang dimiliki perusahaan. Penggunaan Earnings Per Share (EPS) dalam penelitian ini didasarkan bahwa EPS bisa menggambarkan prospek earning suatu perusahaan dimasa yang akan datang, Economic Value Added (EVA) mampu menggambarkan efisiensi perusahaan pada periode tertentu, dan Market Value Added (MVA) mampu menggambarkan seberapa besar kekayaan yang dapat diciptakan oleh manajemen perusahaan kepada para investor dan perusahaan.
 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Earnings Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA), dan Market Value Added (MVA) terhadap perubahan harga saham pada industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI Tahun 2009-2011. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji dan memberikan bukti empiris pengaruh Earnings Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA), dan Market Value Added (MVA) terhadap perubahan harga saham baik secara simultan ataupun parsial.
 Sampel penelitian ini terdiri dari 12 industri barang konsumsi di BEI tahun 2009-2011. Sampel diperoleh secara purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif untuk mengkaji variabel independen terhadap variabel dependennya. Penelitian ini juga menggunakan uji asumsi klasik dan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji kinerja keuangan yang dianggap berpengaruh terhadap perubahan harga saham.
 Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan Earnings Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA), dan Market Value Added (MVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham. Besarnya koefisien determinasi (R square) adalah 0,130, seluruh variabel independen dapat menjelaskan variasi dari variabel dependen sebesar 13%. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa Earnings Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA), dan Market Value Added (MVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham.

Kata kunci: Earnings Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), perubahan harga saham.

Subjek

STOCK PRICES
EARNINGS PER SHARE, VALUE ADDED-ECONOMIC, VALUE ADDED-MARKET

Katalog

PENGARUH EARNINGS PER SHARE (EPS), ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi Pada Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011)
 
xii, 102p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Irda Suryani
Perorangan
Cahyaningsih
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini