Pengaruh Work Interfering With Family Conflict dan Family Interfering With Work Conflict terhadap Kinerja Karyawati di TELKOM R&D Center, Bandung.

RATIH STASSIA WULANDARI

Informasi Dasar

13.04.261
658.312 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “pengaruh konflik pekerjaan-keluarga (work-family conflict) terhadap kinerja karyawati di TELKOM R&D Center Bandung”, yang bertujuan untuk mengetahui : 1) tingkat konflik pekerjaan-keluarga dan kinerja karyawati; 2) terdapat atau tidaknya pengaruh konflik pekerjaan-keluarga (work-family conflict) yang terdiri atas work-to-family conflict (konflik pekerjaan-ke-keluarga) dan family to work conflict (konflik keluarga-ke-pekerjaan) secara simultan dan secara parsial terhadap kinerja. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh sebanyak 32 orang karyawati yang telah menikah. Item skala work-to-family conflict, family-to-work conflict dan kinerja masing-masing memiliki nilai r lebih dari 0,349 dan dinyatakan reliabel dengan alpha cronbach 0,891; 0,949 dan 0,391. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis melalui uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan : 1) work-to-family conflict berada pada kategori sedang (60,24%), family to work conflict dan kinerja berada pada kategori tinggi (78,91% dan 67,32%); 2) work-to-family conflict mempunyai pengaruh signifikan negatif terhadap kinerja dengan koefisien jalur -0,354 dan pengaruh total 20,34%; 3) family to work conflict mempunyai pengaruh signifikan negatif terhadap kinerja dengan koefisien jalur -0,529 dan pengaruh total 35,79%, 4) konflik pekerjaan-keluarga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dengan nilai koefisien determinasi 56,1%. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi yang diajukan adalah : 1) bagi perusahaan agar mengadaptasi kebijakan family-friendly dalam hal desain ulang tempat penitipan anak (TPA), waktu kerja flextime dan program konseling keluarga; membentuk sharing knowledge group dan mendatangkan motivator; 2) bagi karyawati disarankan untuk memaksimalkan penggunaan TPA, berpartisipasi sharing knowledge group, mengatur distribusi tanggung jawab dan mencari orang yang dapat dipercaya dalam mengurus keluarga dan; 3) bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas sampel dan pembahasan masalah.

Kata kunci : work-family conflict, work-to-family conflict, family-to- work conflict, kinerja.

Subjek

PERFORMANCES
ROLE CONFLICT

Katalog

Pengaruh Work Interfering With Family Conflict dan Family Interfering With Work Conflict terhadap Kinerja Karyawati di TELKOM R&D Center, Bandung.
 
xiii, 138p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATIH STASSIA WULANDARI
Perorangan
Yuliani Rachma Putri
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] MBTI, Institut Manajemen TELKOM
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini