PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Industri Telekomunikasi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2011)

Kurnia Indra Sejati

Informasi Dasar

13.04.243
658.152
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Intellectual capital merupakan sumber daya yang unik, sehingga tidak semua perusahaan dapat menirunya. Hal inilah yang menjadikan intellectual capital sebagai sumber daya kunci  bagi perusahaan untuk menciptakan value added perusahaan dan nantinya akan tercapai keunggulan kompetitif. Intellectual capital dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan dari kinerja keuangan suatu perusahaan. Perusahaan mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, sehingga sumber daya tersebut dapat menciptakan value added bagi perusahaan sehingga kinerja keuangan suatu perusahaan pun akan meningkat.
 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan diukur oleh Return on Assets (ROA).
 Sampel penelitian adalah perusahaan telekomunikasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2002-2011. Data yang digunakan adalah laporan keuangan tahunan perusahaan telekomunikasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2002-2011. Model pengukuran intellectual capital dengan menggunakan model Pulic (2000), yaitu Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™) serta secara per  komponen Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural capital Value Added (STVA).
 Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Intellectual capital yang diukur oleh Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™) dan komponennya yaitu Value Added Capital Employed (VACA) berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur oleh Return on Assets (ROA). Sedangkan komponen Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™) yaitu Value Added Human Capital (VAHU) dan Structural capital Value Added (STVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur oleh Return on Assets (ROA).

Kata Kunci: Intellectual Capital, Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™), Return on Assets (ROA).

Subjek

INTELLECTUAL CAPITAL
CAPITAL MANAGEMENT, FINANCIAL PERFORMANCE

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Industri Telekomunikasi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2011)
 
xvii, 116p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kurnia Indra Sejati
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini