Aplikasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Penerimaan Kas Menggunakan Metode Basis Akrual (Studi Kasus: Bumi Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung)

ANDRE AHMAD MUZAKY

Informasi Dasar

20.06.441
657.0285
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Rukun Tetangga (RT) merupakan suatu gambaran kecil dari sistem pemerintahan presidensial yang terdapat dalam kehidupan bermasyarakat Indonesia [1]. Sesuai dengan PERMENDAGRI Repubik Indonesia nomor 18 tahun 2018, adanya iuran yang terjadi dalam lingkungan RT telah sesuai dengan ketentuan dan penetapannya. Pengelolaan kas yang berasal dari iuran warga seperti iuran kas rutin, kebersihan serta keamanan dengan jumlah nominal yang telah disepakati bersama. Pertumbuhan penduduk yang selalu bertambah, memberikan dampak yang sangat berpengaruh dalam pengelolaan kas RT. Bumi Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung merupakan salah satu kompleks yang berjalan dengan proses manajemen RT seperti pengelolaan penerimaan dan pengeluaran kas yang berasal dari dana iuran warganya, serta dana lain yang berasal dari pemerintah dan dari sumber pendanaan lainnya. Dari hal tersebut muncul ide untuk membangun sebuah sistem manajemen RT terutama dalam pengelolaan kas tersebut, maka dibuat aplikasi berbasis web untuk pengelolaan penerimaan kas dengan metode basis akrual dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Codeigniter. Dalam pengembangannya, dilakukan menggunakan System Development Life Circle (SDLC) dengan metode waterfall. Serta, pengujian dilakukan dengan menggunakan metode black-box testing. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk keperluan manajemen RT.

Kata Kunci: RT, Pengelolaan, Kas, PHP, CodeIgniter, SDLC, Black-box Testing

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Penerimaan Kas Menggunakan Metode Basis Akrual (Studi Kasus: Bumi Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRE AHMAD MUZAKY
Perorangan
Kastaman, Raswyshnoe Boing Kotjoprayudi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini