Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi pada Industri Tambang Batubara Go Public di Indonesia)

SRI ANGGENY MARTA FIONA

Informasi Dasar

20.04.3439
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam satu dekade terakhir perkembangan harga batubara terus mengalami fluktuasi, sehingga berdampak buruk bagi para pelaku bisnis, diantaranya terganggunya kinerja keuangan dan operasional perusahaan, terjadi PHK besar-besaran, hingga menurunnya harga saham batubara. Melihat dampak buruk yang terjadi, beberapa perusahaan melakukan akuisisi atau pengambil alihan kepemilikan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi dengan menggunakan Du Pont System, yang mencakup perhitungan Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turn Over (TATO), dan Financial Leverage Multiplier (FLM).
Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah industri tambang batubara go public di Indonesia yang melakukan akuisisi di tahun 2016, dengan populasi 22 perusahaan dan pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu terdiri 2 perusahaan menggunakan analisis Du Pont System dalam pengolahan data sekunder. Berdasarkan analisis yang dilakukan, meski kinerja keuangan sesudah akuisisi secara keseluruhan mengalami peningkatan, merujuk hasil uji paired sampel t-test memperlihatkan tidak terdepat perbedaan signifikan pada kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi dilakukan, karena hasil uji test memperlihatkan nilai signifkansi lebih besar dari 0,05 sehingga H0 diterima. Kata kunci : Perbandingan kinerja keuangan, ROA, ROE, NPM, TATO, FLM

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi pada Industri Tambang Batubara Go Public di Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SRI ANGGENY MARTA FIONA
Perorangan
Arlin Ferlina Mochamad Trenggana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SN843036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini