ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Kajian Pada Emiten LQ-45 Periode 2009-2010)

SURYO SUTRISMAN

Informasi Dasar

13.04.227
657.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference
                                                               ABSTRAK
  Ketepatan waktu merupakan salah satu faktor penting dalam menyajikan suatu informasi. Laporan keuangan sebagai sebuah informasi akan bermanfaat apabila informasi yang dikandungnya disediakan tepat waktu bagi pengguna sebelum informasi tersebut kehilangan manfaatnya dalam mempengaruhi pengambilan keputusan, terutama dalam perusahaan go public yang memiliki kewajiban menyampaikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit secara tepat waktu. 
 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pada perusahaan go public yang terdaftar di  dalam indeks LQ- 45 periode tahun 2009-2010. Faktor- faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah simultan ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage,  ukuran KAP, dan opini audit sebagai variabel independen serta ketepatan waktu sebagai variabel dependen. 
 Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitan deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan go public berdasarkan  perusahaan yang  telah  terdaftar  di indeks LQ- 45 dan menyampaikan laporan keuangan audited  tahun 2009 sampai dengan tahun 2010, dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 45 perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. 
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas,leverage,  ukuran KAP, dan opini audit berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Faktor– faktor yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan adalah leverage, sedangkan ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran  KAP, dan opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. 

Kata kunci: ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran KAP, opini audit, dan ketepatan waktu pelaporan keuangan.

Subjek

FINANCIAL REPORTS
TIMELINESS, AUDITING

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Kajian Pada Emiten LQ-45 Periode 2009-2010)
 
xi, 106p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SURYO SUTRISMAN
Perorangan
Yane Devi Anna
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini