Analisis Value Proposition Ruangguru Dengan Metode Text Mining

WACHDA YUNIAR ROCHMAH

Informasi Dasar

20.05.086
338.04092
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Kehadiran Ruangguru sebagai inovasi bimbingan belajar yang membawa perubahan layanan pembelajaran telah mengubah model belajar dari tatap muka secara langsung menjadi dapat dilakukan secara fleksibel. Disamping itu, terdapat pain yang dirasakan oleh pengguna layanan bimbingan belajar konvensional yang jika tidak terselesaikan dapat menjadi celah bagi para pendatang baru.

Melihat adanya pain yang dirasakan oleh masyarakat selama menggunakan layanan bimbingan belajar konvensional di Indonesia, serta untuk membuktikan The Disruptive Innovationn Model, peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian terhadap Lembaga bimbingan belajar di Indonesia untuk. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apa saja value yang dimiliki oleh Ruangguru, untuk melihat apa saja pain yang dirasakan oleh masyarakat mengenai bimbingan belajar, untuk melihat apakah Ruangguru mendisrupsi pasar bimbingan belajar di Indonesia dan pain dari kategori apa yang tersolusikan dengan adanya Ruangguru.

Data yang digunakan adalah data media sosial sebanyak 5760 tweets mengenai Ruangguru dan 858 tweets mengenai pain dari bimbingan belajar konvensional. Metode yang digunakan adalah text mining dengan Multiclass Classification, Sentiment Analysis, dan Topic Modeling.

Berdasarkan hasil yang diperoleh, terdapat beberapa value yang menjadi keunggulan dari Ruangguru yang juga membuat Ruangguru menjadi disruptive innovation dengan memberikan solusi pada beberapa kategori pain dari bimbingan belajar konvensional.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Analisis Value Proposition Ruangguru Dengan Metode Text Mining
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WACHDA YUNIAR ROCHMAH
Perorangan
Gadang Ramantoko, Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • MM400014 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini