Analisis Fraud Pentagon dalam Mendeteksi Kecurangan Pelaporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

NESIKA ROMADHONA

Informasi Dasar

20.04.3362
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kecurangan merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara sengaja oleh seseorang maupun kelompok dengan tujuan memperoleh keuntungan. Kecurangan pelaporan keuangan merupakan salah satu jenis fraud yang sering terjadi di Indonesia. Terjadinya kecurangan pelaporan keuangan selain akan menimbulkan konflik internal di dalam suatu perusahaan juga akan merugikan pihak eksternal dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan menggunakan analisis fraud pentagon berupa faktor tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan dan arogansi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Populasi dalam penelitian ini ialah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 yaitu berjumlah 31 perusahaan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, dan arogansi berpengaruh terhadap kecurangan pelaporan keuangan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan tidak berpengaruh dan arogansi berpengaruh positif terhadap kecurangan pelaporan keuangan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini, peneliti memberikan saran secara teoritis kepada peneliti selanjutnya dan memberikan saran secara praktis kepada perusahaan serta investor.

Kata Kunci: Kecurangan pelaporan keuangan, tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, arogansi, fraud pentagon

Subjek

AUDITING
 

Katalog

Analisis Fraud Pentagon dalam Mendeteksi Kecurangan Pelaporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NESIKA ROMADHONA
Perorangan
Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini