Aplikasi Berbasis Web Untuk Pembelian, Penjualan serta Pencatatan Persediaan Barang Dagang dengan Metode FIFO (Studi Kasus di Toko Elektronik Tarigan, Deli Serdang)

DWI FAUZI ARO LAHAGU

Informasi Dasar

20.06.415
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dalam pencatatan yang dilakukan pada transaksi pembelian barang ke pemasok perusahaan ini masih menggunakan buku pencatatan pembelian barang, jika perusahaan ini ingin melihat catatan pembelian barang yang sudah dilakukan di periode lalu, buku pencatatan pembelian barang ini sering hilang. Pencatatan transaksi penjualan terhadap konsumen juga sama halnya dengan transaksi pembelian dengan menggunakan buku pencatatan penjualan barang berupa nota penjualan yang dibuat dibuat secara manual kemudian akan disalin kedalam buku untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan, hal ini memungkinkan kesalahan dalam pencatatan dan menghabiskan waktu untuk melakukan hal tersebut. Pada saat proses pengecekan persediaan barang dagang perusahaan ini masih belum bisa mengetahui persediaan barang yang pasti dikarenakan pencatatan yang masih dilakukan belum efektif. Dengan permasalahan yang ada pemilik perusahaan tidak dapat mengetahui stok barang yang tersisa digudang dengan jelas. Sehingga terlambatnya pembelian barang untuk stok berikutnya dan terlalu mudahnya kehilangan barang yang ada digudang dan mempengaruhi keuntungan perusahaan. Aplikasi web ini dapat mempermudah dalam melakukan pencatatan pembelian, penjualan serta perhitungan persediaan barang digudang. Metode yang digunakan dalam pencatatan persediaan adalah metode First In First Out. Pembuatan Aplikasi menggunakan metode pengembangan berbasis objek. Proses pengembangan menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall dan Unified Modelling Language (UML). Tahap pembuatan kode program menggunakan Framework Codeigniter dengan bahasa skrip Hypertext Processor (PHP) dan MySQL untuk pembuatan database. Tahap pengujian dilakukan dengan pengujian manual dan pengujian aplikasi serta pengujian black box testing. Kata Kunci – Pembelian; Penjualan; Persediaan; Codeigniter; PHP MySQL

Subjek

-
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Pembelian, Penjualan serta Pencatatan Persediaan Barang Dagang dengan Metode FIFO (Studi Kasus di Toko Elektronik Tarigan, Deli Serdang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI FAUZI ARO LAHAGU
Perorangan
Rochmawati, Marwanto Rahmatulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini