ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

NURUL AFYANI MUMAYIZ

Informasi Dasar

20.04.3349
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Konservatisme akuntansi merupakan suatu tindakan yang perlu dicerminkan dalam pelaporan keuangan berupa sikap kehati-hatian dalam menghadapi ketidakpastian dan risiko perusahaan. Konservatisme digunakan untuk membatasi perilaku untuk melebih-lebihkan laba dan menghindari perilaku oportunistik manajer. Ada beberapa faktor yang memengaruhi konservatisme, diantaranya asimetri informasi, risiko litigasi, investment opportunity set, dan intensitas modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis asimetri informasi, risiko litigasi, investment opportunity set, intensitas modal, dan konservatisme akuntansi. Selain itu, menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh asimetri informasi, risiko litigasi, investment opportunity set, dan intensitas modal terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 111 perusahaan yang dipilih menggunakan metode sampling purposive. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi, risiko litigasi, investment opportunity set, dan intensitas modal berpengaruh secara simultan terhadap konservatisme akuntansi. Secara parsial, asimetri informasi berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi, risiko litigasi berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, investment opportunity set dan intensitas modal tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya, tidak hanya meneliti konservatisme akuntansi tetapi juga meneliti prudence. Bagi perusahaan, investor, dan kreditur diharapkan untuk memerhatikan tingkat asimetri informasi dan risiko litigasi karena hal tersebut dapat memengaruhi tingkat konservatisme akuntansi yang diterapkan.

Kata Kunci : Asimetri Informasi, Intensitas Modal, Investment Opportunity Set, Konservatisme Akuntansi, Risiko Litigasi

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL AFYANI MUMAYIZ
Perorangan
Cahyaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini