ANALISIS DETERMINAN PRAKTIK INCOME SMOOTHING (Studi Kajian pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2011)

SHATRIA PUTRA DHARTIA

Informasi Dasar

13.04.221
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference
 Income smoothing merupakan suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk tujuan pengurangan fluktuasi laba dari tahun ke tahun dengan memindahkan pendapatan dari tahun-tahun yang tinggi pendapatannya ke periode-periode yang kurang menguntungkan. Tindakan income smoothing  diuji dengan indeks Eckel (1981) dengan membandingkan Coefficient Variation (CV) variabel income dengan Coefficient Variation (CV) variabel sales, dimana perusahaan yang mempunyai nilai absolut indeks kurang dari satu dikategorikan sebagai perusahaan yang melakukan praktik income smoothing sedangkan perusahaan yang mempunyai indeks lebih dari satu termasuk perusahaan non income smoothing.
 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan praktik income smoothing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2011. Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kepemilikan institusional sebagai variabel independen dan praktik income smoothing sebagai variabel dependen.
 Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitan deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2011, dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan sebanyak 172 sampel perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder
 Hasil penelitian ini menunjukkan variabilitas variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel independennya sebesar 2.6% dan sisanya sebesar 97.4% dijelaskan oleh variabel independen lain diluar model. Variabel independen ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kepemilikan institusional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik income smoothing.

Subjek

MANAGEMENT OF PROFIT AND LOSS
MANAGEMENT OF INCOME AND EXPENSE

Katalog

ANALISIS DETERMINAN PRAKTIK INCOME SMOOTHING (Studi Kajian pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2011)
 
xiv, 88p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHATRIA PUTRA DHARTIA
Perorangan
Venti Yustianti Martina
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini