ALAT MONITORING PENGUKURAN KADAR HEMOGLOBIN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR (KNN) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

FARIS HADIANTO

Informasi Dasar

20.04.3324
610.28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hemoglobin merupakan salah satu protein yang berada pada sel darah merah yang berfungsi sebagai pengikat oksigen dan juga mengedarkan ke seluruh organ dan ke jaringan tubuh manusia. Perubahan kadar Hemoglobin, baik itu rendah maupun tinggi dapat menandakan terjadinya gangguan kesehatan. Pengecekan kadar Hemoglobin dalam tubuh manusia biasanya dilakukan secara medis yaitu dengan pengambilan sampel darah yang sifatnya melukai pasien atau sering disebut invansif. Maka dari itu dibuat sebuah yang bersifat non-invansive yaitu alat monitoring pengukuran Hemoglobin menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor berbasis Internet of Things.

Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa alat monitoring sudah terhubung dengan Cloud ThingSpeak, proses prediksi algoritma pada pemrograman python hingga aplikasi android yang berjalan dengan baik. Nilai input dari Saturasi Oksigen (SpO2) dilakukan dengan proses pengolahan algoritma KNN dimana algoritma ini merupakan salah satu algoritma Machine Learning yang digunakan untuk memprediksi suatu nilai output sehingga didapat nilai rata-rata akurasi sebesar 93,4871133% pada k=2. Delay End-to-End memiliki nilai rata-rata pada proses pengiriman dari alat monitoring sampai ke aplikasi android sebesar 6,8 s. Dan nilai rata-rata pada Throughput pada komunikasi NodeMCU hingga Cloud ThingSpeak sebesar 9,98 Kbps, komunikasi Cloud – Server – Cloud sebesar 13,76 Kbps dan komunikasi pada Cloud ThingSpeak hingga Aplikasi Android sebesar 11,06 Kbps.

Subjek

BIOMEDICAL
 

Katalog

ALAT MONITORING PENGUKURAN KADAR HEMOGLOBIN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR (KNN) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARIS HADIANTO
Perorangan
Rendy Munadi, Sussi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini