Aplikasi Proyeksi Dan Pengadaan Kebutuhan Bahan Dengan Pendekatan Moving Average (Studi Kasus: Home Industry Cilok Bapri)

FITRI YUNI

Informasi Dasar

20.06.350
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Home Industry Cilok Bapri merupakan industri rumahan yang bergerak di bidang kuliner. Home Industry ini memproduksi produk berbahan dasar aci yaitu cilok. Dalam melakukan pengadaan bahan Home Industry Cilok Bapri tidak memperkirakan jumlah bahan yang dipesan. Hal tersebut dapat menyebabkan pengadaan bahan yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Ketidaksesuaian pengadaan tersebut dapat menimbulkan kelebihan maupun kekurangan persediaan yang akan berdampak pula terhadap kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan. Berdasarkan beberapa masalah yang sudah dijelaskan, dibangunlah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat menangani pengadaan persediaan bahan dengan pendekatan Moving Average. Dalam aplikasi ini Moving Average digunakan sebagai sebuah metode estimasi yang memperkirakan jumlah bahan baku yang akan diadakan berdasarkan histori pengadaan sebelumnya. Aplikasi dibangun menggunakan metode waterfall dengan pengembangan Software Development Life Cycle (SDLC), proses perancangan menggunakan pemodelan sistem Unified Modeling Language (UML), perancangan basis data menggunakan Entity-Relationship Diagram (ERD) dan struktur antar tabel, serta bahasa pemrograman pembangun aplikasi menggunakan PHP dengan framework Codeigniter dan bahasa query MySQL. Fungsionalitas berjalan 100% setelah dilakukan pengujian yang merupakan hasil perbandingan antara perhitungan manual dengan perhitungan dalam estimasi dan diujikan dengan metode Black Box Testing. Setelah diimplementasikan, aplikasi mampu membuat estimasi kebutuhan persediaan bahan dengan menggunakan metode Moving Average, mengelola pengadaan bahan dari hasil estimasi kebutuhan bahan baku, menghasilkan laporan akuntansi berupa jurnal umum dan laporan hasil estimasi kebutuhan bahan baku, serta mengevaluasi hasil evaluasi dan realisasi kebutuhan bahan.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Proyeksi Dan Pengadaan Kebutuhan Bahan Dengan Pendekatan Moving Average (Studi Kasus: Home Industry Cilok Bapri)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRI YUNI
Perorangan
Irna Yuniar, Asti Widayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini