ANALISIS KINERJA LIGHT DETECTING AND RANGING (LIDAR) UNTUK DETEKSI OBJEK MENGGUNKAN METODE JARAK ECULIDEAN

GIOVANO ANDARA

Informasi Dasar

20.04.3269
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pekerjaan manusia dalam hal deteksi objek pada suatu ruangan membutuhkan ketelitian dan akurasi yang tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem deteksi objek yang terkini dan akurat untuk mempermudah pekerjaan tersebut. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah menggunakan sensor Light Detecting and Ranging (LIDAR). LiDAR merupakan perangkat yang memiliki fungsi sebagai alat deteksi objek dengan menangkap titik-titik x, y, dan z atau sering dikenal dengan kartesian dari suatu target.

Pada tugas akhir ini dirancang sistem deteksi objek menggunakan ground-based *LiDAR. Data yang digunakan adalah data dari *point cloud yang dihasilkan dari scanning YDLiDAR G4 dengan frekuensi 5 Hz dan 12 Hz. Data ini diambil di ruangan tertutup berukuran 5,76 x 4,95 m^2 ^dengan diletakkan dua objek dengan jarak yang berbeda. Penelitian ini menggunakan euclidean distance yang berfungsi untuk mengukur jarak antar objek yang terdeteksi pada ruangan.

Dalam penelitian ini dilakukan analisis mengenai tingkat akurasi serta menghitung error rate yang menghasilkan output berupa beberapa titik objek yang berhasil terdeteksi dan divisualisasikan secara 2 Dimensi (2D). Selain itu, dihasilkan perbandingan jarak antara pengukuran teoritis dan aktual. Hasil perbedaan jarak pada frekuensi 5 Hz mendapatkan error sebesar 0,22 m dan pada frekuensi 12 Hz mencapai error sebesar 0,27 m. Hasil error rate sistem deteksi untuk frekuensi 5 Hz sebesar 7,45%. Sedangkan error rate pada frekuensi 12 Hz sebesar 6,95%.

Kata Kunci: LiDAR, euclidean distance, point cloud.

Subjek

Traansmission telecommunication
 

Katalog

ANALISIS KINERJA LIGHT DETECTING AND RANGING (LIDAR) UNTUK DETEKSI OBJEK MENGGUNKAN METODE JARAK ECULIDEAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIOVANO ANDARA
Perorangan
Dharu Arseno, Nasrullah Armi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini