IMPLEMENTASI DAN ANALISIS JARINGAN MENGGUNAKAN MPLS (MULTI PROTOCOL LABEL SWITCHING) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK REDUNDANSI VRRP (VIRTUAL ROUTER REDUNDANCY PROTOCOL)

BELLA LISTYA ARISIHA

Informasi Dasar

20.06.329
621.385 1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, maka peran jaringan internet semakin luas untuk digunakan, jaringan internet tersebut perlu dilakukan pengaturan agar bandwidth dapat digunakan semaksimal mungkin. Dalam pengiriman data memerlukan rute yang terbaik dan tercepat agar menunjang komunikasi yang lebih cepat. Oleh karena itu diperlukan teknologi yang lebih canggih dalam pengecekan kualitas pengiriman data ketika pengiriman data yang dinamakan MultiProtocol Label Switching (MPLS). Dengan banyaknya berbagai peningkatan, provider diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang sangat beragam. Sebuah jaringan perlu dilakukan monitoring karena sering terdapat berbagai masalah seperti jalurnya terputus atau mungkin alat yang digunakan rusak. VRRP selaku protocol redundansi menjadi sebuah solusi untuk menjaga jaringan tetap baik. Penelitian ini dilakukan 3 Skenario. Skenario 1 melakukan konfigurasi MPLS, skenario 2 melakukan konfigurasi VRRP yang menggabungkan MPLS dan VRRP dan skenario 3 melakukan pemutusan router master untuk pengambilan alih fungsi router backup menjadi router master dengan melihat kualitas dalam pengiriman data pada sebuah jaringan. Hasil yang diperoleh mampu membuat komunikasi menjadi lebih baik dengan melihat kualitas layanan jaringan yang terlihat lebih jelas untuk alur konfigurasinya. Karena menggunakan teknik MPLS membuat kepadatan trafik dapat ditamgani secara cepat. Peran VRRP sebagai protocol redundansi ini juga mampu membuat aliran data tetap mengalir walaupun ketika adanya kerusakan pada jalur maupun pada perangkat yang digunakan karena sistem VRRP ini meggunakan router backup sebagai router cadangan ketika terjadi kerusakan pada router master. Kata Kunci : MPLS, VRRP, Router Backup

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS JARINGAN MENGGUNAKAN MPLS (MULTI PROTOCOL LABEL SWITCHING) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK REDUNDANSI VRRP (VIRTUAL ROUTER REDUNDANCY PROTOCOL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BELLA LISTYA ARISIHA
Perorangan
Indrarini Dyah Irawati, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini