Aplikasi Penganggaran Pendapatan dan Pengeluaran Pelayanan Jasa dengan Pendekatan Exponential Smoothing (Studi Kasus: Seven Laundry, Sukabirus)

VIRRA RAHMI NABILLA

Informasi Dasar

20.06.324
657.028 54
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Seven Laundry merupakan perusahaan jasa yang menawarkan layanan pencucian barang milik pelanggan. Terdapat banyak layanan yang dapat dipilih pada Seven Laundry. Jumlah pelanggan laundry pada setiap periode berbeda-beda. Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, Seven Laundry tidak melakukan penganggaran pengeluaran terlebih dahulu. Sehingga perusahaan tidak mempunyai tolak ukur dalam mengambil suatu tindakan yang berhubungan dengan proses dalam perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun aplikasi penganggaran pendapatan dan pengeluaran pelayanan jasa dengan pendekatan exponential smoothing. Exponential smoothing merupakan suatu prosedur peramalan dengan merata-rata nilai masa lalu dari suatu runtut waktu tertentu. Aplikasi dibangun dengan menggunakan metode prototyping, proses perancangan dengan menggunakan pemodelan sistem Unified Modelling Language (UML), dan perancangan skema database menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD), serta bahasa pemrograman menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter dan database MySQL. Fungsionalitas berjalan sesuai dengan yang diharapkan setelah dilakukan pengujian dengan membandingkan antara perhitungan manual dengan perhitungan pada aplikasi dan diujikan dengan black box testing. Setelah diimplementasikan, aplikasi mampu mengestimasi pendapatan menggunakan exponential smoothing, menganggarkan pengeluaran berdasarkan estimasi, mencatat realisasi pengeluaran, menampilkan jurnal umum dan buku besar.

Kata Kunci: Estimasi, Exponential Smoothing, PHP, CodeIgniter

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Penganggaran Pendapatan dan Pengeluaran Pelayanan Jasa dengan Pendekatan Exponential Smoothing (Studi Kasus: Seven Laundry, Sukabirus)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIRRA RAHMI NABILLA
Perorangan
Asti Widayanti, Monterico Adrian
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini