PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010)

Angga Pradana Wilman

Informasi Dasar

13.04.198
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Corporate Social Responsibility (CSR) tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya (financial) saja. Tapi tanggung jawab perusahaan harus berpijak pada triple bottom lines. Di sini bottom lines lainnya selain finansial juga ada sosial dan lingkungan, karena kondisi keuangan saja tidak cukup menjamin nilai perusahaan tumbuh secara berkelanjutan (sustainable). Keberlanjutan perusahaan hanya akan terjamin apabila perusahaan memperhatikan dimensi sosial dan lingkungan hidup. Sudah menjadi fakta bagaimana resistensi masyarakat sekitar, di berbagai tempat dan waktu muncul ke permukaan terhadap perusahaan yang dianggap tidak memperhatikan aspek-aspek sosial, ekonomi dan lingkungan hidupnya. Hal tersebut sesuai dengan asumsi bahwa terdapat kontrak sosial antara perusahaan dengan masyarakat, maka sudah seharusnya perusahaan mengungkapkan kinerja sosialnya kepada pihak eksternal sebagai informasi dalam pengambilan keputusan, khususnya dalam hal prospek perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengungkapan Corporate Social Responsibility dan kinerja keuangan perusahaan pada subsektor Industri Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2010, dan juga untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan, pada perusahaan Industri Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini mengambil populasi perusahaan Industri Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Annual Report perusahaan. Penyusunan penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif karena penelitian ini menggunakan angka-angka dalam pengumpulan data., analisis, dan pembuktian hipotesis yang diajukan. Dalam penelitian ini pengujian pengaruh pengungkapan CSR perusahaan terhadap Return On Asset (ROA) dilakukan dengan mengunakan pengujian regresi linier sederhana. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh signifikan antara Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Return On Asset (ROA) perusahaan industri kimia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2010.

Keywords : Corporate Social Responsibility (CSR), kinerja keuangan, perusahaan Industri Kimia, Return On Asset (ROA)

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
FINANCIAL PERFORMANCE

Katalog

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010)
 
xiv, 83p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Angga Pradana Wilman
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini