Analisis Pengaruh Gross Profit Margin, Total Asset Turnover, Debt Ratio dan Current Ratio Terhadap Return On Equity (Penelitian pada Perusahaan Retail Trade yang Listing di BEI Periode 2007-2011)

Fithri Sylviana Anggraini

Informasi Dasar

13.04.196
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Evaluasi kinerja keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan rasio keuangan. Hal ini sangat diperlukan pemimpin perusahaan atau manajemen untuk dijadikan sebagai alat pengambilan keputusan lebih lanjut untuk masa yang akan datang. Perusahaan yang menghasilkan laba yang semakin meningkat tentu menjadi daya tarik bagi investor karena dengan laba perusahaan yang semakin tinggi makan tingkat pengembalian (return) yang diperoleh para investor juga semakin tinggi. Alat pengukur kinerja perusahaan yang paling popular diantara para penanam modal dan manajer senior adalah Return On Equity (ROE).

 Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Gross Profit Margin, Total Asset Turnover, Debt Ratio, Current Ratio terhadap Return On Equity secara parsial dan simultan serta mengetahui gambaran umum dari masing-masing rasio keuangan tersebut.

 Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan retail trade yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011 dengan sampel yang dipilih berdasarkan purposive sampling sebanyak 7 perusahaan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan tahunan 2007-2011. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 5% yang sudah memenuhi syarat pengujian asumsi klasik.

 Gross Profit Margin, Total Asset Turnover, Debt Ratio, Current Ratio dan Return On Equity tahun 2007-2011 berfluktuatif. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa hanya Total Asset Turnover, Debt Ratio dan Current Ratio memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Equity. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dari Gross Profit Margin, Total Asset Turnover, Debt Ratio dan Current Ratio terhadap Return On Equity pada perusahaan retail trade yang listing di BEI periode 2007-2011 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 46,1%.

Keywords: return on equity, gross profit margin, total asset turnover, debt ratio dan current ratio.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
FINANCIAL RATIOS-FINANCIAL PERFORMANCE, FINANCIAL REPORTS

Katalog

Analisis Pengaruh Gross Profit Margin, Total Asset Turnover, Debt Ratio dan Current Ratio Terhadap Return On Equity (Penelitian pada Perusahaan Retail Trade yang Listing di BEI Periode 2007-2011)
 
xii, 119p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fithri Sylviana Anggraini
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini