PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Kompas 100 Tahun 2007-2011)

DANIEL JANRIAN SIHOTANG

Informasi Dasar

13.04.182
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Kinerja keuangan perusahaan merupakan suatu gambaran mengenai kondisi dari suatu perusahaan, sehingga dapat diketahui baik atau buruknya kondisi keuangan dan prestasi kerja sebuah perusahaan dalam waktu tertentu. Dalam menilai kinerja keuangan perusahaan, dapat digunakan suatu ukuran atau tolok ukur tertentu, seperti return on asset  (ROA) dan return on equity (ROE). ROA dan ROE dapat mengukur keberhasilan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba. 

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap return on asset (ROA) dan return on equity (ROE). Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di indeks Kompas 100 tahun 2007-2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Data yang digunakan adalah data sekunder dan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 10 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana (simple regression analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return on asset (ROA) dan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return on equity (ROE).

Keywords: Tanggung jawab sosial perusahaan, Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE).

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
RETURN ON ASSET

Katalog

PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Kompas 100 Tahun 2007-2011)
 
xiii, 76p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANIEL JANRIAN SIHOTANG
Perorangan
Majidah
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini