Identifikasi Faktor Pendorong Berwirausaha Setelah Lulus Mata Kuliah Proyek Kewirausahaan (Studi Kasus Mahasiswa MBTI 2016 Universitas Telkom)

MUHAMMAD BAGAS PRIAMBODO

Informasi Dasar

20.04.2975
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jumlah tingkat pengangguran di Indonesia tiap tahunnya meningkat tiap tahunnya. Begitu banyak faktor yang menyebabkan pengangguran itu bermunculan, salah satunya adalah banyaknya tenaga kerja yang tidak terserap dengan baik. Masyarakat yang telah menamatkan sekolah dan mendapatkan gelar sarjana juga menjadi penyumbang pengangguran di Indonesia. Universitas Telkom mempunyai jurusan S1 MBTI yang mempunyai pembekalan kewirausahaan melalui memberikan mata kuliah Kewirusahaan dan dilanjutkan dengan Proyek Kewirausahaan. Mata Kuliah ini bertujuan memberikan pembekalan dalam hal wirausaha yang nanti dapat menciptakan mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan dan kemampuan dalam berwirausaha. Penelitian ini mempunyai tujuan mengidentifikasi pendorong mahasiswa dalam melanjutkan berwirausaha setelah mengambil Mata Kuliah Proyek Kewirausahaan di mahasiswa S1 MBTI Universitas Telkom. Faktor dalam kasus ini ada beberapa faktor, dalam penelitian ini mengambil faktor yaitu faktor proses berwirausaha, faktor psikologis dan faktor eksternal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan mendapatkan hasil yang mendalam dari narasumber yang terkait. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data adalah wawancara mendalam, obsevasi dan pengumpulan data sekunder. Narasumber yang terlibat adalah 3 orang dengan kriteria melanjutkan usaha setelah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Narasumber diwawancarai mengenai faktor yang mendorong dalam berwirauasaha setelah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Faktor pendorong berwirausaha yang dirasakan mahasiswa MBTI angkatan 2016 yang menlanjutkan berwirausaha setelah mengambil mata kuliah proyek kewirausahaan adalah faktor proses berwirausaha hal ini ditunjukan bahwa mahasiswa merasa terpicu oleh ketentuan kampus yang akhirnya menciptakan suatu ide usaha. Faktor Psikologis yang dimana percaya diri akan kemampuan yang dimiliki menjadi kunci utama dalam menjalankan sebuah bisnis serta kemampuan dalam melihat peluang yang dinilai sangat penting dalam memulai sebuah usaha. Faktor Eksternal merupakan salah satu dalam faktor pendorong dalam berwirausaha bahwasannya peran media dan nilai sosial dapat mempengaruhi berwirausaha. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi Universitas Telkom khususnya Fakultas Ekonomi Bisnis prodi MBTI dalam tahap pembelajaran kewirausahaan agar dapat menciptakan wirausaha muda potensial dan terdidik. Peningkatan wirausaha terdidik sangat berpengaruh terhadap terwujudnya visi Telkom University yaitu menjadi Global Entrepreneurial University pada tahun 2038.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Identifikasi Faktor Pendorong Berwirausaha Setelah Lulus Mata Kuliah Proyek Kewirausahaan (Studi Kasus Mahasiswa MBTI 2016 Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD BAGAS PRIAMBODO
Perorangan
ASTRI GHINA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini