ANALISIS ANOMALI PASAR: PENGUJIAN THE DAY OF THE WEEK EFFECT, DAN ROGALSKY EFFECT DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Pada Perusahaan yang Termasuk dalam JII Tahun 2015 – 2019)

ALVINE DHARMAWAN

Informasi Dasar

20.04.2923
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teori Efficient Market Hypothesis (EMH) menyatakan bahwa harga saham sudah mencerminkan seluruh informasi yang ada. Namun, terdapat anomali yang menunjukkan jika pasar tidak selalu efisien. Hasil penelitian menemukan penyimpangan terhadap teori EMH. Beberapa contoh tersebut, yaitu The day of the Week Effect, dan Rogalsky Effect. Di Indonesia, hasil penelitian menunjukkan hasil yang beragam. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menguji apakah anomali pasar pada hari perdagangan yaitu The Day of The Week Effect, dan Rogalsky Effect terjadi pada Bursa Efek Indonesia, populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk ke dalam Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 sampai dengan 2019. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dan diperoleh 14 (empatbelas) perusahaan dengan periode pengamatan selama 5(lima) tahun sehingga dalam penelitian ini didapat 70 data yang diobservasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan tujuan deskriptif-komparatif dan menggunakan software IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat fenomena Rogalsky Effect pada Bursa Efek Indonesia, dan tidak terdapat anomali The Day of The Week Effect pada Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan civitas akademik dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian mengenai return saham serta menggunakan jenis anomali lainnya. Bagi Pelaku Pasar Modal, diharapkan agar melakukan aksi beli pada hari Senin bulan November dan menjualnya pada hari Senin Non November untuk memperoleh return saham yang optimal. Dan bagi regulator pasar modal, diharapkan agar dapat mengawasi anomali pasar yang terjadi pada BEI khususnya Jakarta Islamic Index.

Subjek

SAHAM
 

Katalog

ANALISIS ANOMALI PASAR: PENGUJIAN THE DAY OF THE WEEK EFFECT, DAN ROGALSKY EFFECT DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Pada Perusahaan yang Termasuk dalam JII Tahun 2015 – 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALVINE DHARMAWAN
Perorangan
KHAIRUNNISA, KURNIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini