ANALISIS SENTIMEN REVIEW RESTORAN DI BANDUNG DENGAN TEKS BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)

RYAN RAMADHANI

Informasi Dasar

20.04.2825
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Restoran adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi untuk berkumpul bersama kerabat. Pertimbangan seseorang untuk mengunjungi sebuah restoran adalah dari makanan, tempat dan harga. Saat ini mencari hal tersebut tidak susah karena sudah ada beberapa website yang berguna untuk menjadikan wadah untuk menampung ulasan dari pengguna untuk sebuah restoran. Ulasan sendiri memiliki sentimen positif, negatif, dan netral didalamnya, dalam menentukan sentimen tersebut dibutuhkan ketelitian dalam mengartikan setiap kata yang ada pada kalimat. Permasalahan tersebut menciptakan ide untuk membuat sistem untuk menganalisa sentiment dari ulasan agar lebih akurat. Tugas akhir ini akan menganalisa ulasan yang didapat restoran. Mendeteksi & menganalisa kalimat atau kata yang memiliki sentimen positif, negatif, atau netral. Dalam implementasinya, tugas akhir ini akan menggunakan metode klasifikasi K-NN (K – Nearest Neighbor) yang memiliki tingkat akurasi 98% dan nilai precision, recall, F1-score sebesar 98,6%.

Subjek

DATA ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN REVIEW RESTORAN DI BANDUNG DENGAN TEKS BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYAN RAMADHANI
Perorangan
Budhi Irawan, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini