ANALISIS KINERJA CONTENT-BASED IMAGE RETRIEVAL BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE YOU ONLY LOOK ONCE UNTUK MAKANAN NASIONAL INDONESIA

YUDHISTIRA HADI FIRDAUS

Informasi Dasar

20.04.2781
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi terus dikembangkan oleh para peneliti dari seluruh belahan dunia. Content-Based Image Retrieval (CBIR) menjadi salah satu teknologi yang terus dikembangkan. CBIR merupakan teknologi yang dapat menampilkan koleksi gambar yang serupa berdasarkan masukan sebuah gambar kueri.

Pada Tugas Akhir ini dibuat sebuah sistem CBIR yang digabungkan dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan menggunakan metode You Only Look Once (YOLO) sebagai algoritma pendeteksi objek. Sebelumnya pencarian koleksi gam- bar dapat dilakukan dengan masukan teks atau bisa disebut Text-Based Image Re- trieval. Namun pencarian gambar dengan teks tidak dapat dilakukan apabila nama serta definisi objek pada gambar tidak diketahui. Image retrieval dapat dilakukan secara real-time menggunakan input video dengan penggabungan kinerja CBIR, AR, dan YOLO.

Tugas Akhir ini menerapkan CBIR dengan metode YOLO dengan hasil kinerja sistem yang dapat bekerja dengan optimal. Parameter kinerja terdiri dari recall, presisi, dan F1 score. Output yang didapatkan pada Tugas Akhir ini adalah sistem berhasil bekerja dengan nilai rata-rata tertinggi untuk recall sebesar 97,1%, untuk presisi sebesar 89%, dan untuk F1 score sebesar 92% dengan dataset berisikan lima kelas makanan nasional Indonesia.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

ANALISIS KINERJA CONTENT-BASED IMAGE RETRIEVAL BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE YOU ONLY LOOK ONCE UNTUK MAKANAN NASIONAL INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUDHISTIRA HADI FIRDAUS
Perorangan
SURYO ADHI WIBOWO, GELAR BUDIMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini