Analisis Penggunaan Algoritma Alokasi Berbasis Relaksasi Menggunakan Manajemen Sumber Daya Radio dan Kontrol Daya Untuk Efisiensi Energi Komunikasi D2D

GANENDRA EDGARDA YUMNA

Informasi Dasar

20.04.2772
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan dan kebutuhan dalam teknologi pada bidang telekomunikasi semakin meningkat. Salah satu teknologi yang dapat berpengaruh besar terhadap kualitas layanan dan dapat dikembangkan adalah komuniasi Device-to-Device(D2D). Dalam sistem komunikasi D2D dapat melayani transfer data antarpengguna tanpa melalui Base Station (BS). Resource yang digunakan pada sistem komunikasi D2D sama dengan resource yang digunakan pada Cellular User (CU).

Pada penelitian ini membahas pengalokasian resource block (RB) dan pengalokasian daya sehingga meningkatkan efisiensi energi komunikasi D2D dalam jaringan seluler. Simulasi tugas akhir ini dilakukan menggunakan algoritma Greedy dan Mean Greedy untuk mengalokasikan RB kepada user. Dalam mencapai daya yang optimal digunakan skema Inverse Waterfilling (IWF) berbasis algoritma Relaksasi.

Hasil pengujian skema alokasi menggunakan Greedy IWF berbasis algoritma Relaksasi memberikan perfomansi lebih baik pada data rate dengan nilai rata-rata 3,4474 x 106 bps lebih baik 87,95% dari Greedy EPA 99,95% dari Mean Greedy EPA 28,69% dari Mean Greedy IWF berbasis algoritma Relaksasi, efisiensi energi dengan nilai rata-rata 0,2084 x 106 bps/W lebih baik 88,59% dari Greedy EPA 100% dari Mean Greedy EPA 28,88% dari Mean Greedy IWF berbasis algoritma Relaksasi, efisiensi spektral dengan nilai rata-rata 1,7623 bps/Hz lebih baik 88,14% dari Greedy EPA 101% dari Mean Greedy EPA 28,39% dari Mean Greedy IWF berbasis algoritma Relaksasi, fairness dengan nilai rata-rata 0,4602. Pada pengujian kedua dengan menganalisis skema IWF berbasis algoritma Relaksasi pada Greedy dan Mean Greedy didapatkan nilai data rate, efisiensi energi, efisiensi spektral, dan fairness lebih baik pada batas atas daya sebesar 0,5 Watt.

Kata Kunci : Greedy, Mean Greedy, Inverse Waterfilling, D2D

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

Analisis Penggunaan Algoritma Alokasi Berbasis Relaksasi Menggunakan Manajemen Sumber Daya Radio dan Kontrol Daya Untuk Efisiensi Energi Komunikasi D2D
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GANENDRA EDGARDA YUMNA
Perorangan
ARFIANTO FAHMI, VINSENSIUS SIGIT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini