ANALISIS PERFORMANSI NON ORTHOGONAL MULTIPLE ACCESS MENGGUNAKAN METODE JOINT DETECTION PADA SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK

FIQHI FACHRIZAL

Informasi Dasar

20.04.2769
621.382 75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas Akhir ini melakukan studi mengenai Non-Orthogonal Multiple Aceess (NOMA) dengan Joint Detection (JD) pada sistem komunikasi cahaya tampak. Teknologi Visible Light Communication(VLC) memiliki berbagai kelebihan seperti kecepataan transfer data, e?siensi daya, dan keamanan yang sangat baik karena menggunakan cahaya sebagai media perambatannya.

Pada sisi transmitter, multiple user mengalami multiplexing berdasarkan power domain dengan menerapkan super position coding sehingga satu subcarrier dapat digunakan oleh lebih dari 1 User Equipment (UE) dengan Dc Biased Orthogonal Frequency Division Multiplexing (DCO-OFDM). Pada Tugas Akhir ini kami menggunakan daya kirim 8 dan 15 Watt, dan terdapat 5 UE pada sisi receiver dengan menggunakan kanal Line of Sight(LOS) dan Non-Line of Sight(NLOS). Kami mempertimbangkan simulasi pada ruangan 5 X 5 X 3 meter. Kami juga mempertimbangkan untuk kinerja sistem dievaluasi menggunakan parameter Signal Interference to Noise Ratio (SINR) dan datarate.

Pada penelitian ini kami menemukan bahwa penggunaan daya yang lebih rendah, tidak mengurangi performansi. Hal ini dibuktikan daya kirim 8 Watt hasil SINR mengalami kenaikan 45,67% dari UE1 ke UE2 dengan nilai tertinggi 37.5121 dBdannilaiterkecilsebesar 5.0817dB,sedangkanpadaperhitungan datarate nilai tertinggi didapatkan pada daya kirim 8 Watt dengan nilai sebesar 62.308 Mbps dan pada daya kirim 15 Watt nilai datarate terbesar bernilai 57.756 Mbps.

Subjek

Optical communucation
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI NON ORTHOGONAL MULTIPLE ACCESS MENGGUNAKAN METODE JOINT DETECTION PADA SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIQHI FACHRIZAL
Perorangan
KRIS SUJATMOKO, BRIAN PAMUKTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini