ANALISIS PENILAIAN PERFORMANSI PADA MESIN BUBUT-2 DI CV HARTONO JAYA MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY AVAILABILITY MAINTAINABILITY AND SAFETY (RAMS)

ABSHAR NAUFAN RASYADAN

Informasi Dasar

20.04.2761
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV Hartono Jaya merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengadaan peralatan industri. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah tingginya tingkat kerusakan mesin yang terjadi dengan kerusakan 132 kali pada mesin bubut-2 selama 2016-2018. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan penelitian guna mengevaluasi kehandalan, ketersediaan dan kemampu-rawatan mesin bubut-2. Dengan menggunakan metode Reliability, Availability, Maintainability (RAM) analysis dan Safety maka akan didapatkan nilai reliability, availability, maintainability dan safety yang berupa tingkatan Safety Integriy Level (SIL). Berdasarkan perhitungan metode RAM Analysis dan Safety dengan pemodelan Reliability Block Diagram dan pendekatan analytical approach, didapatkan nilai reliability system pada mesin bubut-2 dengan jangka waktu 8 – 160 jam didapatkan hasil pada t = 8 jam adalah 98,45% dan t = 160 jam sebesar 66,65%. Jangka waktu untuk peluang mesin untuk kembali pada perfroma terbaik adalah 9 jam. Nilai inherent availability pada mesin bubut-2 adalah 99,53% dan operational availability sebesar 99,92%. Safety integrity level pada mesin bubut-2 berada pada tingkat 1. Nilai leading indicator dan lagging indicator pada mesin bubut-2 telah melebihi key performance indicator. Kata Kunci: Maintenance, Reliability Availability and Maintainability (RAM) Analysis, Key Performance Indicator, Safety, Safety Integrity Level (SIL)

Subjek

MAINTENANCE
 

Katalog

ANALISIS PENILAIAN PERFORMANSI PADA MESIN BUBUT-2 DI CV HARTONO JAYA MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY AVAILABILITY MAINTAINABILITY AND SAFETY (RAMS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABSHAR NAUFAN RASYADAN
Perorangan
Fransiskus Tatas Dwi Atmaji, Endang Budiasih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini