ANALISIS PERFORMANSI MODULASI 16-PSK PADA KANAL KIM DAN KRUSE DI FREE SPACE OPTIC COMMUNICATION

ANNISA INAYAH SALSABILA

Informasi Dasar

20.04.2757
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem komunikasi optik merupakan sistem komunikasi yang saat ini perkembangannya cukup pesat dan menjadi hal yang sedang di riset untuk menjadi teknologi di masa yang akan datang, salah satu yang sedang berkembang pesat saat ini adalah Free Space Optic (FSO), FSO merupakan sistem komunikasi yang memanfaatkan atmosfer sebagai media transmisinya. Oleh karena itu, terdapat beberapa faktor yang dapat meredam atau menginterferensi sinyal yaitu banyaknya molekul yang ada diudara, jarak dari transmitter ke receiver serta kondisi yang ada pada atmosfer.

Tugas Akhir ini melakukan perhitungan dan analisis mengenai performansi sistem FSO menggunakan modulasi 16-Phase Shift Keying (PSK) pada kanal model Kim dan Kruse. Dilakukan pengujian terhadap perubahan visibility, panjang gelombang, daya kirim dan jarak transmitter ke receiver. Hasil akhir pengujian merupakan nilai Bit Error Rate (BER) pada masing-masing skenario.

Hasil pengujian menunjukan bahwa semakin tinggi nilai panjang gelombang dan daya kirim yang digunakan maka jangkauan jarak yang didapat semakin jauh dan dihasilkannya nilai BER dengan kualitas yang baik. Pada panjang gelombang 1550 nm dengan daya kirim 1 Watt, saat kondisi atmosfer thick fog pada kanal Kim mampu mencapai jarak 0,8 km dan memiliki nilai BER 7.03E-14 dan pada kanal Kruse 4.46E-14. Sementara pada kondisi atmosfer light fog pada kanal Kim dapat mencapai jarak 1,6 km dan memiliki nilai BER 2.28E-09 pada kanal Kruse mencapai jarak 1,5 km dengan nilai BER 4.49E-09 dan saat kondisi atmosfer haze pada kanal Kim dapat mencapai jarak 2,8 km memiliki nilai BER 4.49E-09 dan pada kanal Kruse dapat mencapai jarak 2,7 km dengan nilai BER 1.45E-08.

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI MODULASI 16-PSK PADA KANAL KIM DAN KRUSE DI FREE SPACE OPTIC COMMUNICATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA INAYAH SALSABILA
Perorangan
KRIS SUJATMOKO, M. IRFAN MAULANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini