Analisis Performansi Multi User Detection Pada Kanal NLOS Untuk Sistem NOMA-VLC

BIMA SURYA PRATAMA

Informasi Dasar

20.04.2701
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keterbatasan utama dalam visible light communication (VLC) adalah bandwidth modulasi yang terbatas. Non-orthogonal multiple access (NOMA), mulai diteliti untuk dapat digunakan sebagai teknik multiple access yang efektif pada jaringan 5G karena teknik ini dapat menghemat bandwidth modulasi.

Pada Tugas Akhir ini, NOMA diterapkan dalam sistem downlink VLC. Dilakukan analisis performansi multi-user detection (MUD) pada kanal propagasi nonline of sight (NLOS) berupa kanal yang terkena efek reflektor dan efek bayangan. Teknik MUD yang digunakan pada Tugas Akhir ini yaitu succesive interference cancellation (SIC). Pada suatu user, SIC bekerja dengan cara membatalkan sinyal user lain dengan sinyal yang lebih kuat untuk dapat mendeteksi sinyalnya sendiri. Tugas Akhir ini melakukan simulasi pada ruangan berukuran 5 x 5 x 3 m3 dengan menggunakan 1 buah lampu LED dan jumlah user sebanyak 6 buah.

Pada hasil simulasi penelitian ini diperoleh bahwa dengan penerapan SIC sebagai MUD pada sistem NOMA-VLC dibandingkan dengan tanpa NOMA dapat meningkatkan data rate sebesar 72%. Selain itu, dengan adanya reflektor dalam sistem terjadi peningkatan performansi dengan data rate tertinggi yaitu 74.7 Mbps dengan NOMA dan 50.56 Mbps tanpa penggunaan NOMA. Sedangkan, adanya penghalang cahaya antara lampu LED dan user menurunkan performansi sistem dengan data rate terendah yang dicapai sebesar 31.7 Mbps dengan NOMA dan 14.2 Mbps tanpa NOMA.

Subjek

Optical communications
 

Katalog

Analisis Performansi Multi User Detection Pada Kanal NLOS Untuk Sistem NOMA-VLC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIMA SURYA PRATAMA
Perorangan
Nachwan Mufti Adriansyah, Brian Pamukti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini