DETEKSI PELANGGARAN MARKA JALAN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA MENGGUNAKAN METODE DETEKSI GARIS TEPI CANNY DAN TRANSFORMASI HOUGH

IQBAL MUHAMMADIN

Informasi Dasar

20.04.2675
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK



Pada tahun 2018, Indonesia tercatat sebagai negara dengan peringkat ke -3 yang memiliki angka kecelakaan lalu lintas tertinggi di seluruh dunia. Salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yaitu pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara dengan tidak mengindahkan peraturan lalu lintas khususnya pada peraturan melintasi marka jalan yang terlarang. Maka dari itu, diperlukan sistem yang dapat memantau arus lalu lintas secara intensif untuk mempermudah pihak aparatur negara yang berwenang dalam membuat kebijakan berlalu lintas yang lebih baik dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan data rekaman video CCTV untuk mendeteksi pelanggaran marka jalan berbasis pengolahan citra.


Pemrosesan sistem menggunakan perangkat lunak pengolah citra. Proses pengolahan citra dalam mendeteksi garis marka jalan menggunakan metode deteksi garis tepi Canny. Selain itu juga dilakukan pembandingan hasil pengujian terhadap metode deteksi garis tepi Prewitt, Roberts, dan Sobel. Metode transformasi Hough digunakan untuk membuat plotting garis lurus diatas marka jalan yang telah terdeteksi sebagai penanda pada area yang digunakan sebagai bahan pengujian. Sistem akan mendeteksi telah terjadi pelanggaran marka jalan apabila nilai piksel garis marka jalan pada citra video kurang dari nilai piksel citra background.


Pengujian dilakukan dengan menggunakan 4 buah video bahan uji untuk setiap metode deteksi garis tepi. Setiap video memiliki 450 frame dengan spesifikasi durasi 15 detik dan frame rate sebesar 30 fps. Sistem mendapatkan hasil pengujian terhadap nilai akurasi dalam mendeteksi jumlah kendaraan yang melanggar marka jalan sebesar 100% dan 0% terhadap nilai error rate pada pengujian seluruh metode deteksi garis tepi. Metode deteksi garis tepi yang memiliki kinerja terbaik dalam proses deteksi pelanggaran marka jalan yaitu metode deteksi garis tepi Roberts dengan nilai error rate sebesar 0 % untuk pengujian data video ke-1, 20,89 % untuk pengujian data video ke-2, 41,78 % untuk pengujian data video ke-3 dan 53,33 % untuk pengujian data video ke-4.



Kata Kunci : Pengolahan citra, deteksi garis tepi Canny, transformasi Hough, marka jalan, citra biner.


Subjek

Engineering - signal processing
 

Katalog

DETEKSI PELANGGARAN MARKA JALAN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA MENGGUNAKAN METODE DETEKSI GARIS TEPI CANNY DAN TRANSFORMASI HOUGH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBAL MUHAMMADIN
Perorangan
IWAN IWUT TRITOASMORO, SYAMSUL RIZAL
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini