ANALISIS PENILAIAN PERFORMANSI MESIN TOSHIBA PADA PT XYZ BERDASARKAN ANALISIS TREND DAN KORELASI SERIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY, AVAILABILITY, AND MAINTAINABILITY (RAM)

ARIQA RADHWA

Informasi Dasar

20.04.2630
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mesin Toshiba merupakan salah satu mesin CNC yang memiliki frekuensi kerusakan tertinggi dibanding mesin CNC lainnya pada PT XYZ. Kerusakan mesin yang dapat terjadi secara terus-menerus berdampak pada operational perusahaan yang dapat membuat aktivitas utama tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, perlu adanya analisis Reliability, Availability dan Maintainability (RAM) untuk mengetahui performansi mesin dan untuk mengurangi frekuensi kerusakan pada subsistem kritis mesin tersebut. Mesin Toshiba memiliki enam subsistem, dengan menggunakan risk matrix terdapat tiga subsistem kritis yaitu subsistem hydraulic, coolant, dan spindle. Asumsi dalam melakukan RAM analysis yaitu data TBF dan TTR subsistem kritis harus Independent and Identically Distributed (IID) dengan melihat pada analisis trend dan korelasi serial. Setiap subsistem kritis merupakan IID karena data TBF dan TTR tidak memiliki trend dan korelasi serial. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan metode RAM analysis dengan menggunakan pemodelan Reliability Block Diagram (RBD), pada t = 680 jam nilai reliability hydraulic (69.14%), coolant (71.35%), spindle (74.53%) dan keseluruhan sistem kritis yaitu 36.77%. Untuk mencapai nilai maintainability 100% membutuhkan waktu berkisar antara 1 - 17 jam dengan nilai inherent availability 99.49% dan operational availability 98.89%. Berdasarkan hasil evaluasi standar IVARA World Class Maintenance Target for Key Performance Indicator, nilai leading indicator dan lagging indicator telah mencapai target. Kata kunci: Mesin Toshiba, Reliability, Availability, Maintainability, RAM analysis, Independent and Identically Distributed (IID), Reliability block diagram.

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PENILAIAN PERFORMANSI MESIN TOSHIBA PADA PT XYZ BERDASARKAN ANALISIS TREND DAN KORELASI SERIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY, AVAILABILITY, AND MAINTAINABILITY (RAM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIQA RADHWA
Perorangan
Judi Alhilman, Endang Budiasih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini