Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Usaha Di Universitas Telkom (Studi Pada Program Studi MBTI Tahun Ajaran 2016)

DESTY RANTIKA DEWI

Informasi Dasar

20.04.2602
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan menjadi salah satu wadah untuk pembinaan tenaga kerja dan juga untuk menambah wawasan dalam membangun lapangan pekerjaan baru. Masing-masing mahasiswa memiliki harapan dan persepsi yang berbeda-beda mengenai pelayanan yang akan diterima dari perguruan tinggi. Universitas Telkom adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang menjadikan entrepreneur sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari suatu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran Pengembangan Usaha pada program studi Manajemen Bisinis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) tahun ajaran 2016 Universitas Telkom.

Penelitian ini melibatkan berbagai aspek seperti rencana pembelajaran semester (RPS), kompetensi kewirausahaan, dan pembelajaran kewirausahaan. Analisis kesenjangan digunakan untuk melihat kesenjangan antara persepsi (kurikulum) serta harapan (mahasiswa) dan dilakukan dengan menganalisis kompetensi kewirausahaan dari penurunan rencana pembelajaran semester (RPS) terhadap mahasiswa. Melalui penelitian ini, dilakukan pengukuran penilaian mata kuliah pengembangan usaha (4 SKS) pada mahasiswa program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika 2016 Universitas Telkom. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner terhadap 105 responden (mahasiswa). Penelitian ini menggunakan teknik non-probability dengan sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini dapat dijadikan evaluasi terhadap proses pembelajaran kewirausahaan diperguruan tinggi, khususnya pada mata kuliah pengembangan usaha di Universitas Telkom Program Studi MBTI. Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan arahan dalam meningkatkan jumlah wirausaha terdidik. Peningkatan jumlah wirausaha terdidik ini sangat mendukung dalam terwujudnya target Universitas Telkom untuk menjadi Global Entrepreneurial University pada tahun 2038.

Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Pembelajaran Kewirausahaan, Harapan, Persepsi, Kompetensi

Subjek

ENTREPRENEURSHIP-EDUCATION
 

Katalog

Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Usaha Di Universitas Telkom (Studi Pada Program Studi MBTI Tahun Ajaran 2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESTY RANTIKA DEWI
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini