APLIKASI PENCATATAN DAN PENGELOLAAN PENERIMAAN KAS MEMPERTIMBANGKAN VARIASI KOMPONEN BIAYA (STUDI KASUS: SD CERDAS MUTHAHHARI, BANDUNG)

MUHAMMAD FADHILLAH RIZKY RAMADHAN

Informasi Dasar

20.06.258
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sekolah Cerdas Muthahhari (SCM), merupakan sekolah swasta dimana pendanaan kegiatan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan salah satunya berasal dari penerimaan orang tua siswa/masyarakat yang terdiri dari komponen biaya pendaftaran, sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), dana sumbangan pendidikan (DSP), dan donasi. Komponen biaya yang ditetapkan setiap tahun berbeda-beda dan proses penerimaan diperoleh dengan 2 sistem pembayaran yaitu secara tunai dan non tunai. Proses pengelolaan pendanaan keuangan di SCM belum terkomputerisasi sehingga beresiko terjadinya kesalahan pencatatan dan perhitungan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun aplikasi pencatatan dan pengelolaan penerimaan kas dengan mempertimbangkan variasi komponen biaya. Aplikasi dibangun dengan menggunakan metode prototyping dengan pengembangan Software Development Life Cycle (SDLC), proses perancangan dengan menggunakan pemodelan sistem Unified Modeling Language (UML), dan perancangan skema database menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD), serta bahasa pemrograman menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter dan database MySQL. Fungsionalitas berjalan 100% setelah dilakukan pengujian dengan membandingkan antara perhitungan manual dengan perhitungan dalam aplikasi dan diujikan dengan black box testing. Setelah diimplementasikan, aplikasi mampu menetukan nilai komponen biaya persiswa, mencatatat penerimaan kas atas pembayaran per komponen biaya, menampilkan daftar piutang siswa dan menampilkan jurnal umum, buku besar, dan neraca saldo terintegrasi dengan laporan penerimaan kas.

Kata Kunci: Penerimaan Kas, Aplikasi Berbasis Web, Codeigniter

Subjek

Accounting and computing
 

Katalog

APLIKASI PENCATATAN DAN PENGELOLAAN PENERIMAAN KAS MEMPERTIMBANGKAN VARIASI KOMPONEN BIAYA (STUDI KASUS: SD CERDAS MUTHAHHARI, BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FADHILLAH RIZKY RAMADHAN
Perorangan
Asti Widayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini