ANALISIS POSITIONING PRODUK SMARTPHONE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus Merek Nokia, Samsung, Apple, LG, ZTE, dan BlackBerry)

ADI SETIYAWAN

Informasi Dasar

13.04.124
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan merk-merk handphone di Indonesia relatif cukup baik dan dinamis, baik untuk produk lokal maupun Internasional. Salah satu fenomena yang menarik perhatian dunia adalah pertumbuhan telekomunikasi yang lebih canggih sehingga mendorong untuk terciptanya produk smartphone.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peta posisi merek smartphone Nokia, Samsung, Apple, LG, ZTE, dan Blackberry berdasarkan persepsi konsumen di Kota Bandung. Serta memberikan saran tentang langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan masing-masing perusahaan smartphone agar memiliki citra produk yang lebih baik sehingga dapat menjadi pilihan konsumen khusunya di Kota Bandung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan membandingkan 6 merek smartphone. Analisis dilakukan dengan menggunakan Multidimensional Scaling untuk memetakan posisi smartphone merek satu dengan yang lain untuk menganalisis tingkat persaingan dan memetakan posisi merek smartphone terhadap 6 atribut dalam perceptual map dengan jumlah responden sebanyak 400 responden.

Hasil penelitian ini adalah konsumen telah mempersepsikan bahwa smartphone merek Blackberry adalah pesaing utama smartphone merek Apple, smartphone merek Apple adalah pesaing utama smartphone merek Blackberry, smartphone merek Samsung adalah pesaing utama smartphone merek LG, smartphone merek LG adalah pesaing utama smartphone merek Nokia, smartphone merek LG adalah pesaing utama smartphone merek Samsung, dan smartphone merek LG adalah pesaing utama smartphone merek ZTE. Sedangkan berdasarkan atribut, konsumen mempersepsikan bahwa smartphone merek Apple adalah merek smartphone terbaik berdasarkan atribut Fitur Produk, dan yang terburuk adalah smartphone merek ZTE. Smartphone merek Apple adalah merek smartphone terbaik berdasarkan atribut Merek, dan yang terburuk adalah smartphone merek ZTE. Smartphone merek ZTE adalah merek smartphone termurah berdasarkan atribut Harga, dan yang termahal adalah smartphone merek Apple. Smartphone merek Nokia adalah merek smartphone yang memiliki daya Pemakaian Baterai terbaik, dan yang terburuk adalah smartphone merek Blackberry. Smartphone merek Apple adalah merek smartphone terbaik berdasarkan atribut Desain, dan yang terburuk adalah smartphone merek ZTE. Smartphone merek Apple adalah merek smartphone terbaik dalam menunjang Gaya Hidup, dan yang terburuk adalah smartphone merek ZTE.

Subjek

BRAND PREFERENCES
POSITIONING-MARKETING, CONSUMER BEHAVIOR

Katalog

ANALISIS POSITIONING PRODUK SMARTPHONE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus Merek Nokia, Samsung, Apple, LG, ZTE, dan BlackBerry)
 
xiii, 125p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADI SETIYAWAN
Perorangan
Refi Rifaldi Windya Giri
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] MBTI, Institut Manajemen TELKOM
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini