ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK PADA BIDANG PERUMAHAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.1 (STUDI KASUS: DINAS PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN PROVINSI JAWA BARAT)

FIANA FAZRIANI

Informasi Dasar

20.04.2543
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat adalah salah satu OPD Provinsi Jawa Barat yang mempunyai salah satu tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang Perumahan. Bidang Perumahan menjadi salah satu faktor penggerak pada DISPERKIM Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan pembangunan sektor perumahan dan permukiman. Selama ini pelaksanaan pembangunan di sektor perumahan Jawa Barat diselenggarakan melalui berbagai macam program serta pelayanan yang memberi dampak positif bagi masyarakat. Tetapi, dalam penyelenggaraannya dan hasil yang diharapkan masih belum optimal dalam memberikan pelayanan yang merata kepada masyarakat, penulis mengusulkan penggunaan sistem yang terintegrasi antara teknologi dan layanan bisnis yang tersedia melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government.

Dilihat dari tingkatan SPBE pada saat ini, DISPERKIM dirasa belum optimal dalam menjawab semua kebutuhan pencapainya tujuan organisasi. Untuk perancangan SPBE dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Enterprise Architecture (EA) sebagai kerangka dasar solusi bisnis untuk menyelesaikan masalah dalam mengoptimalkan penggunaan TI yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM 9.1 dari fase Preliminary Phase Architecture Vision, Business Architecture, Information System Architecture, dan Technology architecture. Dari semua fase tersebut akan dihasilkan blueprint perancangan Enterprise Architecture yang memuat bisnis, data, aplikasi dan teknologi organisasi pada Bidang Perumahan.

Kata Kunci : Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Bidang Perumahan, Enterprise Architecture, Framework TOGAF ADM, SPBE.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
INFORMATION MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK PADA BIDANG PERUMAHAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.1 (STUDI KASUS: DINAS PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN PROVINSI JAWA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIANA FAZRIANI
Perorangan
Falahah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini