IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA APLIKASI MANAWA

ISYE S ADHIWINAYA

Informasi Dasar

20.04.2541
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era sekarang ini, dinamika teknologi terhadap bidang bisnis semakin canggih. Para entrepreuner hendaknya memanfaatkan momen tersebut agar bisa mendapatkan value yang lebih untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu value yang ditawarkan yaitu dalam aspek hubungan terhadap pelanggan yang dimana service atau product yang ditawarkan berfokus pada customer satisfaction atau Kepuasan Pelanggan. Kepuasan pelanggan akan muncul jika perusahaan atau pelaku bisnis menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan (CRM), jika pelanggan sudah merasa puas terhadap produk atau jasa dari perusahaan maka pelanggan tersebut bisa loyal terhadap service atau product yang ditawarkan.

Aplikasi manawa merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu masyarakat bisa berinvestasi hewan ternak dengan mudah, murah, dan cepat tanpa harus meluangkan waktu untuk merawat hewan ternak tersebut. Karena pada dasarnya investasi hewan ternak merupakan investasi yang sangat menguntungkan tetapi perlu waktu dan knowledge untuk merawat hewan ternak tersebut. Manawa menawarkan investasi yang dimana investor cukup membeli hewan ternak dan menunggu peternak untuk merawat hewan ternak sampai mendapatkan pembagian hasil dari penjualan.

Permasalahan yang dihadapi adalah masih kurangnya peminat dan loyalitas untuk berinvestasi di aplikasi manawa, selain itu aplikasi masih belum terdapat fitur dengan pengembangan CRM, bisa diketahui CRM berfungsi sebagai strategi bisnis untuk mengoptimalkan profitabilitas perusahaan dengan mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti akan menambahkan fitur dengan pengembangan customer relationship management.

Pada penelitian ini metode untuk pengembangan aplikasi menggunakan waterfall. Alasan menggunakan waterfall yaitu kelebihannya yang hasil dari metode waterfall lebih baik karena metodenya yang bertahap dan lebih detail dan meminimalisir kesalahan. Serta pada waterfall, metode ini dilakukan secara individu atau tidak terlibat dengan pihak lain. Hasil yang diharapkan setelah adanya fitur dengan pengembangan CRM pada aplikasi manawa adalah para calon pengguna bisa lebih tertarik untuk berinvestasi di aplikasi manawa dan merasa puas dengan service yang disediakan.

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA APLIKASI MANAWA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ISYE S ADHIWINAYA
Perorangan
Rachmadita Andreswari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini