ANALISIS PEMETAAN PERSEPSI PELANGGAN PRODUK MIE INSTAN DI KOTA BANDUNG Tahun 2012 (Studi Kasus Pada Produk Mie Instan Merek Indomie, Mie Sedaap, Supermi, dan Sarimi)

DIMAS YANUAR MIFTAHUDIN

Informasi Dasar

13.04.106
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peta persepsi pelanggan dari empat produk mie instan (Indomie, Mie Sedaap, Supermi dan Sarimi). Penulis memilih empat produk mie instan tersebut sebagai objek penelitian karena pangsa pasar produsen mie instan tahun 2011 sekitar 89 % dikuasai oleh Indofood (Indomie, Supermi, dan Sarimi) dan Wings Group (Mie Sedaap). Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah bauran pemasaran. Penulis memilih tujuh atribut dalam bauran pemasaran yang akan diteliti pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif analisis. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang yang mengetahui dan pernah mengkonsumsi empat merek mie instan dengan screeining question. Data dikumpulkan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Analisis data yang dilakukan penulis menggunakan analisis multidimensional scaling. Hasil analisis multidimensional scaling menunjukkan bahwa posisi produk Indomie berdekatan dengan tujuh atribut pada bauran pemasaran, artinya produk Indomie merupakan produk mie instan yang dipersepsikan paling baik dibandingkan dengan produk mie instan lainnya. Mie Sedaap adalah produk mie instan kedua yang paling dekat dengan tujuh atribut sehingga Mie Sedaap merupakan produk terbaik kedua menurut persepsi pelanggan. Supermi adalah produk mie instan ketiga yang paling dekat dengan tujuh atribut sehingga Supermi merupakan produk terbaik ketiga menurut persepsi pelanggan. Sarimi adalah produk mie instan yang paling jauh dengan tujuh atribut sehingga Sarimi merupakan produk mie instan paling buruk menurut persepsi pelanggan.

Kata-kata kunci: peta persepsi, bauran pemasaran, analisis multidimensional scalling

Subjek

SEGMENTATION
MARKETING MIX-MARKETING STRATEGY, CONSUMER RESEARCH

Katalog

ANALISIS PEMETAAN PERSEPSI PELANGGAN PRODUK MIE INSTAN DI KOTA BANDUNG Tahun 2012 (Studi Kasus Pada Produk Mie Instan Merek Indomie, Mie Sedaap, Supermi, dan Sarimi)
 
xii, 99p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS YANUAR MIFTAHUDIN
Perorangan
Damayanti Octavia
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] MBTI, Institut Manajemen TELKOM
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  alasan mendowload 21 April, 2013
1202100083 – RISTIKA TRI WIJAYANTI
sebagai acuan dalam pengembangan pembuatan skripsi
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini