ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA BARAT MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM (STUDI KASUS: FUNGSI PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIAL)

DODI YUSUP HARAHAP

Informasi Dasar

20.04.2443
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang sosial, meliputi perlindungan dan jaminan sosial, penanganan fakir miskin, rehabilitasi Sosial dan pemberdayaan sosial yang menjadi kewenangan Daerah Provinsi, melaksanakan tugas dekonsentrasi dan pembantuan sesuai bidang tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat memiliki beberapa kendala, salah satu permasalahan pada pelayanan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, yaitu penanganan PMKS kurang Optimal. Belum optimalnya koordinasi antara instansi pemerintah pemerintah pusat, pemerintah dilingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah kabupaten/ kota. Adapun kebutuhan organisasi untuk mengelola data secara cepat dan tepat, membuat instansi membutuhkan teknologi informasi. Salah satu inovasi pemanfaatan teknologi dapat membantu permasalahan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dalam pendataan, penanganan PMKS dan pemberdayaan PSKS. Kedepannya Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat akan menerapkan perancangan Enterprise Architecture sebagai penetapan peta jalan untuk mencapai misi dari suatu organisasi melalui optimalisasi proses bisnis dengan melibatkan teknologi informasi.

Solusi yang diangkat dalam masalah bidang sosial dengan melakukan perancangan Enterprise Architecture dalam mendukung optimalnya proses bisnis dengan melibatkan teknologi informasi. Dengan adanya rancangan Enterprise Architecture sebagai penetapan peta jalan, meningkatkan sistem informasi dan mengembangkan sistem baru untuk mengoptimalkan nilai misi dari suatu organisasi dalam mencapai visi Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat “Terwujudnya Jabar Juara Lahir Batin, dengan Inovasi dan Kolaborasi”. Pada penelitian ini, bertujuan untuk merancang Enterprise Architecture pada fungsi Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Dalam menyelaraskan strategi dari aspek bisnis maupun teknologi informasi dibutuhkan perancangan enterprise architecture menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM. Beberapa fase yang dijadikan panduan perancangan enterprise architecture dalam penelitian ini yaitu, preliminary phase, architecture vision, business architecture, information system architecture, Technology architecture, yang menghasilkan kebutuhan bisnis, data dan informasi, infrastruktur, aplikasi, serta standar teknologi. Dalam penelitian ini, mengusulkan IT Roadmap yang sesuai dengan tujuan dan ketentuan fungsi Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Kata Kunci: Dinas Sosial, Enterprise Architecture, TOGAF ADM.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
INFORMATION MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA BARAT MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM (STUDI KASUS: FUNGSI PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIAL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DODI YUSUP HARAHAP
Perorangan
FALAHAH, IQBAL SANTOSA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini