Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Risk Adjusted Return On Capital (RAROC). (Studi Kasus PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank Syariah Mega Periode 2006 - September 2011)

CECILIA STEPHANIE

Informasi Dasar

13.04.094
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Risk Adjusted Return On Capital (RAROC) adalah suatu metode pengukuran kinerja keuangan berbasis risiko. RAROC pertama kali digunakan oleh The banker Trust di sekitar tahun 70-an, mengingat adanya keterbatasan analisis rasio sebagai pengukuran kinerja keuangan yang telah ada. RAROC sebagai alat ukur kinerja keuangan atau evaluasi kinerja, mengalokasikan modal pada setiap unit usaha sebagai bagian dari proses untuk menentukan risk adjusted return on capital (imbal hasil yang telah disesuaikan dengan besarnya risiko). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan tiga bank umum syariah, yaitu PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk, PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank Mega Syariah Indonesia bila menggunakan metode Risk Adjusted Return On Capital (RAROC). Sehingga dapat diketahui bank umum syariah mana yang memiliki kinerja keuangan terbaik berdasarkan metode RAROC. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan terbaik dari tiga bank umum syariah yang menggunakan metode RAROC selama periode penelitian tahun 2006 hingga September 2011, adalah PT Bank Syariah Mandiri dengan perolehan rata-rata nilai RAROC selama periode penelitian sebesar 0,5893. Sedangkan kinerja keuangan terburuk dihasilkan oleh PT Bank Syariah Mega Indonesia dengan perolehan rata-rata nilai RAROC sebesar (1,1782).

Kata kunci: Neraca Keuangan, Laporan Laba/Rugi, Bank Umum Syariah, Metode Risk Adjusted Return On Capital (RAROC).

Subjek

FINANCE-SHARIA
FINANCIAL PERFORMANCE, FINANCIAL MANAGEMENT, BANK

Katalog

Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Risk Adjusted Return On Capital (RAROC). (Studi Kasus PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank Syariah Mega Periode 2006 - September 2011)
 
xi, 131p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CECILIA STEPHANIE
Perorangan
Yusuf Budiana
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] MBTI , Institut Manajemen TELKOM
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini