ANALISIS PERFORMA NETWORK CLOUD DENGAN METODE QUALITY OF SERVICES PADA PENYEDIA TEKNOLOGI LAYANAN CLOUD COMPUTING MICROSOFT AZURE DAN AMAZON WEB SERVICES

ABEL NATHALIA WIDYASTORO

Informasi Dasar

20.04.2401
004.678 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beberapa tahun terakhir ini merupakan era layanan cloud dan mulai terlihat adanya pergeseran penggunaan layanan ke cloud. Penerapan cloud sendiri didasarkan pada penerapan teknik virtualisasi sehingga client tidak lagi menjadi sumber komputasi, melainkan dikerjakan pada suatu server yang berada pada jaringan internet (cloud). Teknologi cloud membutuhkan akses internet yang cepat dan dukungan transmisi data yang cepat pula. Hal ini menjadi tantangan baru yang diangkat oleh layanan cloud yaitu manajemen Quality of Service (QoS), yang harus menjamin bahwa setiap pengguna mendapatkan layanan aplikasi atau layanan cloud computing yang selalu tersedia dan sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan.

Tulisan ini akan berfokus pada pengujian performa network antara dua penyedia layanan cloud besar di dunia, yaitu Microsoft Azure dan Amazon Web Services. Metode yang digunakan dalam perbandingan tingkat performa adalah Quality of Services dengan parameter yang diuji adalah jitter, data loss, latency, dan throughput.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah perbandingan performa network dari masing-masing penyedia layanan cloud berdasarkan pengujian yang telah dilakukan sehingga dapat membantu pengguna yang akan memilih layanan cloud.

Kata Kunci : Quality of Service, cloud computing.

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

ANALISIS PERFORMA NETWORK CLOUD DENGAN METODE QUALITY OF SERVICES PADA PENYEDIA TEKNOLOGI LAYANAN CLOUD COMPUTING MICROSOFT AZURE DAN AMAZON WEB SERVICES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABEL NATHALIA WIDYASTORO
Perorangan
RD ROHMAT SAEDUDIN, AHMAD ALMAARIF
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini