ANALISIS DAN PERANCANGAN PROSES MANAJEMEN KONTROL INTERNAL TI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 2019 DI PT INTI (PERSERO)

BAKIATUS SARIFAH

Informasi Dasar

20.04.2398
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT INTI (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi, elektronika dan smart energy. Untuk memastikan kualitas kontrol internal dari pemanfaatan teknologi informasi atau TI terkelola dengan baik pada perusahaan, maka pemanfaatan TI tersebut perlu dikembangkan secara terukur dan terarah pada BUMN sesuai dengan peraturan BUMN PER-02/MBU/2013 pada poin Kebijakan Operasional yaitu Monitor & Evaluasi Pengendalian Internal. Dari hasil penelitian ditemukan kendala bahwa pada PT INTI (Persero) belum terdapat manajemen kontrol internal TI. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis dan perancangan manajemen kontrol internal TI menggunakan COBIT 2019 pada PT INTI (Persero) ini untuk mengetahui gambaran penerapan proses manajemen kontrol internal TI yang ada dan menghasilkan rekomendasi untuk permasalahan manajemen kontrol internal TI tersebut. Selain itu, dari hasil penelitian ini didapatkan nilai tingkat kapabilitas dari setiap komponen proses MEA02 beserta kesenjangan yang muncul. Tingkat kapabilitas komponen proses Monitor internal controls, Review effectiveness of business process controls, dan Identify and report control deficiencies bernilai 2 dan tingkat kapabilitas komponen proses Perform control self-assessments bernilai 0 serta untuk menutup kesenjangan yang muncul tersebut dilakukan perumusan rekomendasi pada aspek people dan process.

Kata kunci : Kontrol Internal, People, Process, MEA02, COBIT 2019

Subjek

CONTROL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN PROSES MANAJEMEN KONTROL INTERNAL TI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 2019 DI PT INTI (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAKIATUS SARIFAH
Perorangan
ROKHMAN FAUZI, IQBAL SANTOSA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini