PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DI SMA SANTA MARIA 3 CIMAHI MODUL ADMINISTRATOR

YOHANES ALFANDI

Informasi Dasar

20.04.2361
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SMA Santa Maria 3 Cimahi merupakan SMA swasta di kota Cimahi. SMA Santa Maria 3 Cimahi telah berdiri sejak 1992 dan bernaung dibawah Yayasan Penyelenggara Pendidikan Salib Suci Bandung.

SMA Santa Maria 3 Cimahi memiliki banyak guru dan murid. Dimana dalam proses belajar mengajar dilakukan secara tradisional. Pemberian materi oleh guru masih hanya melalui pembelajaran di kelas, padahal waktu pembelajaran di dalam kelas tentunya sangatlah terbatas. Dalam melakukan ujian seperti kuis, ulangan harian, UTS, dan UAS juga menggunakan kertas. Hal ini mengakibatkan pemborosan penggunaan kertas. Pemberian pengumuman yang hanya melalui apel pagi dan juga selembaran kertas pada papan pengumuman di sekolah. Sehingga terbatas dalam mengakses informasi pengumuman. Juga penggunaan berbagai macam media untuk melakukan pembelajaran.

Dari permasalahan tersebut, diperlukan sistem atau aplikasi yang dikembangkan untuk membantu guru dan murid yang berperan sebagai admin untuk mengelola user guru dan murid, mengelola kelas, mengelola mata pelajaran, serta membantu dalam mengelola pengumuman. Website E-Learning yang diberi nama BeBright merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar dalam hal pemberian materi dan juga ujian secara online bagi guru dan juga murid. Dengan menggunakan aplikasi BeBright, guru bisa dengan mudah memberikan materi dan ujian kepada murid secara online melalui satu aplikasi.

Aplikasi BeBright akan dikembangkan dengan menggunakan framework Laravel dan database MySQL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode extreme programming. Metode extreme programming merupakan metode pengembangan aplikasi yang cocok untuk pembuatan aplikasi BeBright, karena fleksibel dalam proses pembuatannya, dan cocok untuk lingkup masalah yang hanya meliputi materi, ujian, dan pengumuman secara online. Dengan menggunakan metode extreme programming, dihasilkan fitur yang dapat membantu admin pada aplikasi BeBright. Diantaranya fitur pengelolaan user, fitur pengelolaan kelas, fitur pengelolaan mata pelajaran, dan fitur pengelolaan pengumuman yang nantinya dapat dilihat oleh guru dan murid.

Kesimpulannya aplikasi BeBeright berhasil memenuhi kebutuhan sekolah dalam hal pembelajaran. Dan kini pembelajaran bisa dilakukan cukup dengan satu media, yaitu aplikasi BeBright, dan dapat diakses dimana pun, karena aplikasi BeBright dapat diakses melalui bebright.my.id. Untuk ke depan nya diharapkan dalam hal tampilan agar bisa lebih responsive.

Kata kunci: E-Learning, Extreme Programming, Pengembangan Aplikasi Website.

Subjek

E-LEARNING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DI SMA SANTA MARIA 3 CIMAHI MODUL ADMINISTRATOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOHANES ALFANDI
Perorangan
RAHMAT FAUZI, NIA AMBARSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini