ANALISIS PENGARUH SOLVABILITAS DAN UNDERWRITING TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN ASURANSI KERUGIAN(Studi Pada Perusahaan Asuransi Kerugian yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010)

RURIE ANDHAYANI

Informasi Dasar

13.04.082
368.012
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kehadiran industri asuransi merupakan hal tidak terelakkan pada situasi dimana sebagian besar pengusaha dan anggota masyarakat memiliki kecenderungan umum untuk menghindari atau mengalihkan risiko kerugian. Menghasilkan profitabilitas yang sebesar-besarnya merupakan tujuan seluruh perusahaan, salah satunya perusahaan asuransi kerugian. Pada penelitian ini, penulis menguji pengaruh solvabilitas dan underwriting terhadap profitabilitas perusahaan asuransi kerugian. Peraturan pemerintah melalui Keputusan Menteri Keuangan No 424/KMK.06/2003 menetapkan batas tingkat solvabilitas untuk menentukan tingkat risk based capital (RBC) yang harus dicapai setiap perusahaan asuransi, yaitu ? 120%. RBC yang dimiliki perusahaan asuransi akan mempengaruhi tingkat profitabilitas yang dihasilkan. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan asuransi adalah kegiatan pengelolaan risiko (underwriting). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat verifikatif yang menggambarkan dan membuktikan suatu model penelitian. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan kriteria tertentu, yaitu perusahaan asuransi yang listing di BEI periode tahun 2012 dan mempublikasikan laporan tahunan pada tahun 2006-2010. Analisa statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-F dan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian menunjukkan besarnya pengaruh solvabilitas dan underwriting terhadap profitabilitas yaitu sebesar 12%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji-F menunjukkan solvabilitas dan underwriting secara simultan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan asuransi kerugian. Dan berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa tingkat solvabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan asuransi kerugian. Sedangkan underwriting tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan asuransi kerugian.

Kata Kunci: Solvabilitas, Underwriting, Profitabilitas.

Subjek

PROFITABILITY
UNDERWRITING, FINANCIAL REPORTS, INSURANCE COMPANIES

Katalog

ANALISIS PENGARUH SOLVABILITAS DAN UNDERWRITING TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN ASURANSI KERUGIAN(Studi Pada Perusahaan Asuransi Kerugian yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010)
 
xi, 107p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RURIE ANDHAYANI
Perorangan
Norita
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] MBTI , Institut Manajemen TELKOM
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini