Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 dan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal)

MUHAMMAD FIKRI SEPTIAWAN

Informasi Dasar

20.04.2250
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Komunikasi dan Informatika atau DISKOMINFO menjadi salah satu lembaga yang berada di pemerintahan yang mengelola Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK), salah satunya yaitu DISKOMINFO Kota Tegal. DISKOMINFO Kota Tegal belum melakukan audit tata kelola teknologi informasi dan belum mengetahui level kapabilitas tata kelola teknologi informasi. Untuk melakukan audit, menilai dan mengetahui level kapabilitas tata kelola teknologi informasi yang sekarang sedang berjalan pada dinas tersebut, digunakan framework COBIT (Control Objectives for Information and related Technology) 5 sebagai acuan serta memberikan rekomendasi perbaikan agar mencapai target dari DISKOMINFO Kota Tegal. Penelitian ini diawali dengan pemetaan sasaran terhadap Enterprise Goal pada COBIT 5. Berdasarkan hasil audit terhadap 4 proses domain yang terpilih berdasarkan prioritas dengan menggunakan metode AHP yaitu EDM01 berada pada level 1, BAI01 berada pada level 0, EDM02 berada pada level 1, dan APO13 berada pada level 0 serta penelitian ini memberikan rekomendasi, kemudian rekomendasi tersebut dibuat prototype berupa dokumen dan aplikasi yang diperlukan untuk meningkatkan level yang menjadi target dari DISKOMINFO Kota Tegal.

Kata kunci: Audit TI, DISKOMINFO Kota Tegal, COBIT, Capability Level Tata Kelola TI.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 dan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FIKRI SEPTIAWAN
Perorangan
EKO DARWIYANTO, YANUAR FIRDAUS ARIE WIBOWO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini