Berislam dengan Akal Sehat

Edi Ah Iyubenu

Informasi Dasar

20.01.977
297
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6a

"Wama arsalnaka illa rahmatan lil ‘alamin, dan Kami tidak mengutusmu, wahai Muhammad Saw, selain untuk membawa rahmat kepada alam semesta ini. QS. Al-Anbiya’: 107 . Kita semua yakin mutlak bahwa al-Qur’an adalah sumber pertama dan utama segala praktik hidup seorang muslim. Lalu kita pun sepakat semua bahwa Rasulullah Muhammad Saw adalah penafsir sekaligus suri teladan paling kafah terhadap seluruh ajaran Islam yang dimaksudkan Allah Swt. Dari Rasulullah Saw inilah, kita kini mewarisi al-Qur’an dan sunnah-sunnahnya Saw.

Seluruh jalan dan cara berislam kita kini, dalam segala keragaman takwil, tafsir, dan mazhab, serta alirannya, tentulah semata sama-sama memaksudkan untuk menetapi Islam sebagaimana yang diwariskan Rasulullah Saw tersebut. Tetapi, tepat di detik yang sama, bentangan jarak dan masa yang luar biasa jauhnya antara kehidupan kita dengan masa awal Islam itu serentak menisbatkan kekhasan, keunikan, dan perbedaan yang pada dasarnya normal, amaliah, dan biasa belaka. Dan, kondisi riil inilah yang lantas menjadikan kita berbeda, unik, dan khas dalam memahami, mengamalkan, dan mempraktikkan Islam.

Buku ini mengajak Anda untuk mengembangkan jalan berislam yang kritis rasional dalam memahami dan mempraktikkan warisan-warisan Rasulullah Saw tersebut dalam spirit kajian ilmu, utamanya ilmu Ushul Fiqh. Hanya melalui jalan ilmu yang bermoral dan bertanggung jawab, Islam akan senantiasa hadir dengan wajahnya yang ramah, humanis, sekaligus dinamis kepada seluruh realitas, kemajemukan, dan kemanusiaan. Inilah kiranya makna hakiki dari Islam yang rahmatan lil ‘alamin."

Subjek

Religion- islam
 

Katalog

Berislam dengan Akal Sehat
978-602-391-958-1
352p.; 20 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Edi Ah Iyubenu
Perorangan
 
 

Penerbit

Diva Press
Yogyakarta
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini