Dampak Gameplay Tropico 5 Terhadap Persepsi Politik Pada Pemain

ZAHRA SYAMSI FADHILA

Informasi Dasar

20.04.1868
793.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game dapat menjadi salah satu media kritik sosial tentang politik dan memahami keadaan sosial. Tropico 5 menawarkan gameplay city building yang digabung dengan sistem politik elektoral dan humor-humor diktator. Pemain akan mengambil peran sebagai El-Presidente, presiden abadi Tropico atau dinasti keluarga presiden dan menavigasi antara misi-misi yang harus diselesaikan dan menjaga dukungan populer diatas 50% agar tidak kalah dalam pemilu yang diadakan setiap beberapa tahun di waktu dalam game. Dampak gameplay Tropico 5 terhadap persepsi pemain pada politik adalah yang akan diteliti, dan akan dibedah juga bagaimana gameplay mempengaruhi persepsitersebut.

Penelitian ini menggunakan ludologi untuk menganalisis bagaimana mechanics pada game Tropico 5 bekerja dan saling berinteraksi_, critical play_ dan juga retorika prosedural untuk menganalisa bagaimana diwakilkannya proses menjalankan politik dalam game dapat mempengaruhi persepsi pemain tentang politik di luar game.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pemain menglami beberapa perubahan pada perspektif politik mereka. Beberapa diantaranya adalah perspektif pemain tentang sejarah penjajahan di Indonesia menjadi lebih kontekstual dalam memahami motivasi pelaku penjajahan, pemain menganggap penyalahgunaan wewenang lembaga negara adalah masalah yang berakar di kewenangan yang terlalu luas dan harus dibatasi, dan pemain memandang hubungan diplomasi antar negara lebih mendekati hubungan perdagangan daripada solidaritas antar negara. Persepsi pemain dipengaruhi oleh mechanics dalam game yang menggunakan teknik-teknik persuasif.

Kata kunci: game simulasi, persepsi politik, retorika prosedural , ludologi

Subjek

GAMES
 

Katalog

Dampak Gameplay Tropico 5 Terhadap Persepsi Politik Pada Pemain
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAHRA SYAMSI FADHILA
Perorangan
TIARA RADINSKA DEANDA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini