Jagat Digital

Agus Sudibyo

Informasi Dasar

20.01.860
004.11
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
1

TRANSFORMASI DIGITAL seperti tecermin dalam derasnya penetrasi layanan media sosial, mesin pencari, dan situs e-commerce, pada gilirannya, telah menampakkan diri sebagai sebentuk aporia. Dia menawarkan pembebasan, sekaligus memendam intensi penguasaan. Dia menyajikan kemungkinan deliberasi, sekaligus memperlihatkan tendensi instrumentalisasi. Dia melahirkan peluang-peluang menjanjikan pada aras ekonomi kreatif, sekaligus menciptakan struktur kapitalisme baru yang memusatkan surplus ekonomi digital global hanya pada sedikit perusahaan di satu-dua negara saja.

Buku ini menawarkan perspektif kritis tentang fenomena digitalisasi ketika, pada umumnya, publik bersikap positivistik dalam memandang fenomena tersebut. Penulis mencoba meneropong dimensi-dimensi “antidemokrasi” fenomena digitalisasi yang telanjur lekat dengan term demokratisasi. Buku ini juga menekankan perlunya keseimbangan perspektif dalam menelaah revolusi digital, positivistik maupun kritis. Dalam konteks ini, integrasi suatu negara ke dalam lanskap informasi global membawa pengaruh positif sekaligus dampak destruktif.

Setelah memetakan masalah-masalah yang muncul bersamaan dengan transformasi digital, penulis mengusulkan langkah-langkah yang perlu diambil pemerintah, DPR, komunitas media, maupun kalangan masyarakat dalam mengantisipasi integrasi Indonesia ke dalam ekosistem informasi global. Hal-hal ini perlu dilakukan agar Indonesia mampu mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dan mampu mengantisipasi dampak atau residu yang muncul secara memadai.

Subjek

Digital
 

Katalog

Jagat Digital
978-602-481-212-6
xxii, 466p.; 23 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Agus Sudibyo
Perorangan
 
 

Penerbit

KPG
Jakarta
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini