Kebudayaan, Ideologi, Revitalisasi dan Digitalisasi Seni Pertunjukan Jawa dalam Gawai

Ekawati Marhaenny Dukut

Informasi Dasar

20.21.1431
306
Buku - Elektronik (E-Book)
7a

TJI (The Java Institute) adalah sebuah Pusat Studi yang bernaung di bawah LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) di Universitas Katolik Soegijapranata di Semarang yang memiliki perhatian atas studi dan kajian tentang Pulau Jawa. Kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi yang diadakan oleh TJI sifatnya multidisiplin karena merangkul para akademisi dari lintas bidang ilmu. Hasil kegiatan TJI diharapkan bermanfaat bagi masyarakat lokal yang tinggal di Pulau Jawa dan masyarakat global yang mempunyai perhatian khusus terhadap phenomena yang berlangsung di Pulau Jawa. Dalam rangka menambahkan hasil publikasi tentang Pulau Jawa, TJI berkesempatan untuk menggelar Seminar Nasional yang ke-1 dengan tema: “Kebudayaan, Ideologi, Revitalisasi dan Digitalisasi Seni Pertunjukan Jawa dalam Gawai”. Rasional penyelenggaraan seminar nasional ini didasari oleh keadaan masyarakat yang mengalami revolusi industry 4.0 yang menitik beratkan pada produk-produk yang berhubungan dengan teknologi, dan atas masuknya masyarakat 5.0 yang menitikberatkan pada sumber daya manusia. Dengan mempunyai masyarakat dimana seni pertunjukan di Pulau Jawa yang tadinya di lapangan terbuka telah berkembang ke lapangan yang tertutup dan lebih sempit yaitu di dalam gawai atau alat teknologi yang ada di dalam tangan kita, budaya dan ideologi masyarakat disinyalir telah mengalami beberapa perubahan yang disadari secara langsung dan tidak langsung, sehingga masyarakat harus pandai untuk mengatur teknologi itu daripada diatur olehnya.

Buku ini yang mempunyai judul yang sama dengan tema Seminar Nasional TJI ke-1, dan telah memilih beberapa makalah untuk

diterbitkan dengan mengakomodasi tiga macam topik sebagai bahan diskusi, yaitu:

  1. Simbolisasi pesan, makna, dokumentasi, karya sastra, pertunjukan seni Jawa tradisional dan kontemporer dalam teknologi digital,

  2. Ideologi pertunjukan seni Jawa yang ditinjau dari dampak globalisasi, lingkungan, sosial, budaya, agama, psikologi, serta politik

regulasinya, dan

  1. Bisnis dan manajemen revitalisasi seni pertunjukan Jawa melalui inovasi bangunan, packaging, desain, branding dan visualisasi dari generasi X,Y,Z.

Semoga diskusi-diskusi yang dipaparkan dalam bentuk makalah di buku ini bermanfaat bagi semua pembaca. Ekawati Marhaenny Dukut (Editor)

Subjek

CULTURE
 

Katalog

Kebudayaan, Ideologi, Revitalisasi dan Digitalisasi Seni Pertunjukan Jawa dalam Gawai
978-623-7635-09-3
335p.: pdf file.; 6 MB
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ekawati Marhaenny Dukut
Perorangan
 
 

Penerbit

Unika Soegijapranata
Semarang
2020

Koleksi

Kompetensi

  • CIH1B2 - BUDAYA NUSANTARA
  • DCI1D2 - BUDAYA NUSANTARA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini