Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

ARINTA ARISTAWIDYA ARIFIN

Informasi Dasar

20.04.1527
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan didefinisikan sebagai nilai pasar. Pada umumnya, perusahaan memiliki tujuan untuk mensejahterakan para pemegang saham dengan memaksimalkan nilai perusahaan karena dinilai dapat memberikan kesejahteraan pemegang saham secara maksimum apabila harga saham perusahaan meningkat. Semakin tinggi harga saham, maka semakin tinggi kemakmuran pemegang saham. Dalam penelitian ini, rasio yang digunakan untuk mengukur nilai perusahaan adalah Price Book Value (PBV). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) menggunakan standar GRI G4, Good Corporate Governance (GCG) yang diproksikan dengan Komisaris Independen dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan yang di proksikan dengan PBV pada perusahaan sub sektor Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Pemilihan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 16 perusahaan sub sektor Transportasi dalam kurun waktu 4 tahun sehingga diperoleh 64 data yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara simultan pengungkapan CSR dan GCG berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial pengungkapan CSR berpengaruh signifikan ke arah positif terhadap Nilai Perusahaan sedangkan GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat saran untuk para investor sebelum melakukan investasi yakni perlu memperhatikan nilai suatu perusahaan dan kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan tersebut sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Bagi perusahaan, disarankan untuk meningkatkan tata kelola perusahaan dengan baik dan pengungkapan CSR menggunakan GRI secara maksimal.

Kata kunci: Nilai Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARINTA ARISTAWIDYA ARIFIN
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH, FEBRIAL PRATAMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini