Pola Komunikasi Virtual di Dalam Komunitas Online Game (Penelitian Kualitatif Tentang Pola Komunikasi Virtual di Dalam Komunitas Online Game Point Blank “Heyholet’sgo”)

ANGGI RAHMADHANSYAH PUTRA

Informasi Dasar

12.04.676
302.230 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Masuknya internet telah membuat banyaknya bermunculan komunitas online, salah satunya komunitas online game Point Blank Heyholet’sgo. Terjadi interaksi dan komunikasi dalam komunitas online untuk mencapai tujuan. Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Virtual Di Dalam Komunitas Online Game”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi virtual di kalangan pengguna online game Point Blank di dalam komunitas Heyholet’sgo. Komunitas ini beranggotakan 30 orang yang terdiri dari ketua, staf dan anggota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data menggunakan delapan orang informan, enam informan utama dan dua informan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan terdapat sembilan alasan para anggota bermain online game. Ketua, staff dan anggota mempunyai peran dan tugas masing-masing. Terbentuknya komunitas Heyholet’sgo karena didasari minat yang sama dan sebuah pertemanan. Pola komunikasi yang terjadi di dalam komunitas virtual Heyholet’sgo menggunakan pola komunikasi downward communication (komunikasi kebawah), upward communication (komunikasi ke atas) dan all channel (semua saluran).

Kata kunci : Komunitas virtual Heyholet’sgo, online game Point Blank, Pola komunikasi virtual

Subjek

COMMUNICATION
COMMUNICATION-GROUPS OF PEOPLE, DIGITAL MEDIA, GAMES

Katalog

Pola Komunikasi Virtual di Dalam Komunitas Online Game (Penelitian Kualitatif Tentang Pola Komunikasi Virtual di Dalam Komunitas Online Game Point Blank “Heyholet’sgo”)
 
ix, 201p.: il.; 21,5cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGI RAHMADHANSYAH PUTRA
Perorangan
Hadi Purnama
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Ilmu Komunikasi IM Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini