MAKNA SAMPUL ALBUM AXIS: BOLD AS LOVE (Analisis Multimodal Pada Ilustrasi Sampul Album Band The Jimi Hendrix Experience)

FAJAR MUHAMMAD

Informasi Dasar

20.04.1433
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini membahas tentang analisis ilustrasi pada sampul album Axis: Bold as Love dari band The Jimi Hendrix Experience. Sampul album ini dirilis pada tahun 1967 yang dibentuk berdasarkan sosial dan budaya pada masanya. Ilustrasi ini mendapatkan berbagai penghargaan dan juga kritikan terkait hal kontroversial di dalamnya.

Analisis multimodal ini menggunakan teori Linguistik Sistemik Fungsional (LSF), dengan pendekatan Semiotika Sosial dalam mengkonstruksi makna. Model analisis multimodal dalam menghasilkan makna bahasa verbal yaitu Tata Bahasa Fungsional Sistemik yang dikembangkan oleh (Matthiesen & Halliday, 1994). Makna visual dihasilkan melalui model analisis Membaca Gambar (Kress & Van Leeuwen, 2004). Dalam tulisan ini, penulis menambahkan unsur sosial dan budaya yang mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap objek penelitian.

Penelitian ini menggunakan metafungsi verbal (transitivitas, ragam gramatikal, dan tema) dan metafungsi visual (representasional, ideasional, dan komposisi) untuk menghasilkan makna. Hasil analisis sampul album ini akan memperlihatkan bagaimana metafungsi verbal dan visual dapat membentuk sebuah makna melalui mode yang berbeda secara bersamaan. Hasil penelitian ini akan memperlihatkan bagaimana metafungsi verbal dan visual, dan membentuk sebuah makna melalui mode yang berbeda secara bersamaan.

Subjek

Communications
 

Katalog

MAKNA SAMPUL ALBUM AXIS: BOLD AS LOVE (Analisis Multimodal Pada Ilustrasi Sampul Album Band The Jimi Hendrix Experience)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAJAR MUHAMMAD
Perorangan
IIS KURNIA NURHAYATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini